10 November 2019, 22:06 WIB

Indonesia Pastikan Satu Tempat di Putaran Final Piala Asia U-19


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara
 Antara
Penyerang timnas Indonesia U-19 Amiruddin Bagus Alfikri melakukan selebrasi setelah melesakkan gol ke gawang Korea Utara U-19

TIMNAS Indonesia U-19 berhasil memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia U-19 2020  di Uzbekistan.

Hasil itu didapat setelah Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Korea Utara pada laga pamungkas kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11).

Gol Korea Utara dicetak oleh Kim Kwang Chong pada menit ke-41. Memanfaatkan peluang di dekat kotak penalti, ia langsung melesakkan sepakan ke pojok kanan gawang yang gagal dihalau kiper Ernando Ari.

Pada babak kedua, arsitek timnas U-19 Fakhri Husaini memasukkan Mochammad Supriadi untuk menambah daya gedor lini depan. Supriadi menggantikan Serdy Ephy untuk melengkapi trio lini serang bersama Bagus Kahfi dan Fajar Fathur Rahman.

Kombinasi trio lini depan itu acap kali membahayakan pertahanan Korea Utara. Hasilnya, pada menit ke-60, Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui sepakan penalti Bagus Kahfi.

 

Baca juga: Klopp Bantah Rumor Liverpool Incar Mbappe

 

Wasit menunjuk titik putih lantaran Bagus dijatuhkan di kotak terlarang. Bagus yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol dan menyamakan kedudukan.

Korea Utara mencoba mencetak gol kedua untuk menjaga asa lolos ke putaran final Piala Asia U-19. Namun, usaha Kim Kwang Chong dan kawan-kawan belum membuahkan hasil. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya di lapangan. Ia mengaku pertandingan yang bertepatan dengan Hari Pahlawan menjadi motivasi bagi anak asuhnya untuk meraih hasil yang positif.

"Tentu sebuah kebangaan lolos ke Piala Asia karena kami menentukan nasib sendiri. Pertarungan malam ini ketat dan berat. Kami sepakat sebelum pertandingan, pertandingan ini adalah layaknya perjuangan para pahlawan kebetulan hari ini hari pahlawan dan anak-anak komitmen untuk bertempur abis-abisan mereka tunjukkan malam ini," kata Fakhri usai pertandingan.

Senada dengan Fakhri, Bagus Kahfi yang menjadi aktor lolosnya Indonesia ke Piala Asia mengaku menjadikan momentun Hari Pahlawan untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia.

"Kemenangan ini kita berikan seluruh rakyat Indonesia, saya bangga dengan tim, kami bekerja mati-matian dan ambil poin. Ini juga memperingati 10 November, kita buktikan kalau kita juga berjuang," ujar Bagus.

Hasil imbang cukup membawa Indonesia lolos ke putaran Final Piala Asia U-19 di Uzbekistan. Indonesia mengumpulkan 7 poin dari 3 pertandingan dan menjadi juara grup K.

Sementara itu, Korea Utara harus mengubur mimpi tidak lolos ke putaran final. Torehan 5 poin dari 3 pertandingan tak cukup membawa Korea Utara lolos sebagai runner up grup terbaik. Ini adalah kegagalan pertama Korea Utara lolos ke Piala Asia U-19 sejak 2006. (OL-8)

BERITA TERKAIT