11 November 2019, 04:40 WIB

Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Warga


MI | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Warga

PUTING beliung menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), pada Sabtu (9/11) malam. Akibatnya, sejumlah rumah warga roboh dan puluhan pohon tumbang.

Dampak lainnya ialah menyebabkan jaringan listrik putus. Untuk menanggulangi kerusakan akibat puting beliung tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) guna membersihkan batang pohon tumbang yang menutup jalan.

Menurut data, kawasan yang terdampak terjang-an puting beliung, yaitu Kecamatan Bojonegoro, Dander, Balen, Ngasem, Trucuk, Kasiman, Malo, Baureno, dan Kedungadem. Berdasarkan informasi dari Kantor BPBD setempat, terjangan puting beliung yang disertai hujan deras berlangsung pada Sabtu petang sekitar pukul 16.30 WIB.

Di Kecamatan Bojonegoro, terjangan angin mengakibatkan puluhan pohon tumbang di beberapa jalan protokol, seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Jalan Veteran, dan Jalan Rajekwesi. Insiden pohon tumbang di Jalan Gajahmada dan Trunojoyo mengakibatkan jaringan listrik terputus.

"Sejak petang hingga malam, listrik padam. Kami tidak bisa kerja," keluh Suwanto, pemilik warung makan di Kota Bojonegoro, kemarin. Selain menumbangkan puluhan pohon, angin beliung juga merusak fasilitas umum.

Kerusakan menimpa instalasi PLN dan bangun-an lainnya. "Kami hingga saat ini masih mendata kerusakan akibat dampak angin beliung," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, Umar Ghoni secara terpisah.

Selain itu, kata Umar, BPBD juga masih mengumpulkan laporan kerusakan permukiman warga, yakni yang mengalamai rusak ringan hingga berat serta rumah warga yang roboh akibat terjangan angin. BPBD tengah berfokus pada penanganan pohon tumbang. Dengan begitu, hingga kini belum bisa dipastikan jumlah rumah dan fasilitas umum yang rusak akibat angin beliung tersebut.

Terpisah, puting beliung juga menghantam beberapa daerah di Jawa Tengah. Sebelumnya, Desa Ploso, Kecamatan Karangtengah, Demak, yang jadi sasaran. Kali ini, memorakporandakan Desa Blado, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

Berdasarkan pemantauan, kemarin, ratusan warga dengan dibantu aparat TNI/Polri dan petugas dari BPBD Batang membersihkan puing bangunan rumah warga yang rusak akibat hantaman puting beliung. Sebagian besar rumah warga mengalami kerusakan terutama pada bagian atap. Bahkan ada rumah yang atapnya hilang dibawa angin. Menurut data, sebanyak enam rumah roboh akibat terjangan puting beliung tersebut. (YK/AS/N-3)

BERITA TERKAIT