11 November 2019, 00:40 WIB

Reza Rahardian Dua Sosok Pahlawan Perfilman


MI | Hiburan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Aktor Reza Rahardian

USMAR Ismail dan Djamaluddin Malik menjadi dua sosok pahlawan bagi aktor Reza Rahadian, 32, di bidang perfilman Indonesia. Ia menganggap Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik memiliki rekam jejak penting terhadap pembangunan industri perfilman Tanah Air.

"Buat saya, dua tokoh ini besar sekali jasanya buat perfilman Indonesia. Mereka yang menurut saya juga memelopori berdirinya perusahaan film negara. Jadi, penting banget sebagai orang film, kita juga harus mengenal sejarah perfilman Indonesia seperti apa," kata Reza Rahadian di Jakarta, Jumat (8/11).

Usmar Ismail mendirikan Pusat Film Nasional Indonesia (Perfini) pada 30 Maret 1950, yang kini diperingati sebagai Hari Perfilman Nasional. Djamaluddin Malik merupakan pengusaha di bidang perfilman dan merintis perusahaan film di Indonesia.

Sosok lain yang tak luput dari ingatan Reza ialah Teguh Karya, Arifin C Noer, dan Wim Umboh, yang dianggap berpengaruh besar terhadap perfilman Indonesia pada era Christine Hakim dan Slamet Rahardjo. "Kita punya Teguh Karya dengan teater populernya. Kenal dengan produksi-produksi film yang bobotnya luar biasa gitu. Buat saya itu juga pahlawan dunia perfilman," ujar Reza. (Medcom.id/H-3)

BERITA TERKAIT