10 November 2019, 17:00 WIB

Jumlah Wirausaha Indonesia Masih Rendah


Hilda Julaika | Ekonomi

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki 

MENTERI Koperasi dan UMKM Teten Masduki membenarkan jumlah wirausaha Indonesia masih rendah. Untuk itu, perlu mendorong para pengusaha muda untuk menggunakan teknologi berbasis tinggi. Hal ini dilakukan guna mendorong Indonesia masuk ke Global Value Chain.

"Hal ini penting karena semakin banyak wirausahawan itu makin maju negara. Kita harus berani, start up kita itu ke produk-produk berbasis teknologi agar bisa masuk dan berkompetisi ke Global Value Chain," ujarnya pada awak media di sela-sela acara talkshow Membangun Komunitas Petani, Peternakan, Nelayan Cyber Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0, Harapan dan Tantangannya di Jakarta, Minggu, (10/11).

Sebagai informasi, saat ini diperkirakan jumlah pengusaha Indonesia baru mencapai 3,1%. Sementara itu, untuk menjadi negara yang maju diperlukan pengusaha sebanyak 14% dari rasio penduduk.

Baca juga: Gibran Berbagi Pengalaman Wirausaha kepada Santri Ponpes

Menjawab pertanyaan mengenai potensi di daerah, Teten menjelaskan peran milenial sudah mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Tantangan ke depan adalah kompetisi yang perlu dijawab dengan inovasi, pengembangan produk berbasis teknologi tinggi.

"Kita harus berubah cara kerja dan pola pikir. Untuk menggairahkan UMKM harus memperbesar market terlebih dahulu. Yang kedua, teknologi produksi. Ketiga adalah pembiayaan," jelasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT