10 November 2019, 12:35 WIB

Senam Keluarga untuk Cegah Diabetes


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

Humas Tropicana Slim
 Humas Tropicana Slim
Masyarakat mengikuti Senam Keluarga Lawan Diabetes dalam acara #Hand4Diabetes yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu

JUMLAH penderita diabetes di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) jumlah penderita diabetes menunjukkan angka yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% pada 2013 menjadi 8,5% pada 2018. Sehingga diperkirakan, jumlah penderita di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Imam Subekti mengatakan pencegahan diabetes sangat perlu dilakukan karena jumlahnya semakin banyak dan juga menyerang masyarakat usia muda.

“Upaya pencegahan perlu dilakukan karena jumlah (penderita) diabetes semakin banyak dan mulai menyerang usia yang lebih muda. Ada survei menyebutkan sudah ada (kasus) diabetes menyerang usia kurang dari 30 tahun karena umumnya usia muda suka makan makanan yang lemak tinggi, manis-manis dan kurang olahraga,” ujar Imam Subekti dalam acara kampanye #Hands4Diabetes di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (10/11).

Beberapa langkah yang dapat dilakukan masyarakat dalam mencegah penyakit diabetes yakni menjaga pola makan, rajin berolahraga dan mengedukasi anak-anak agar tidak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Batasan konsumsi gula bagi setiap orang per harinya yakni 2-4 sendok makan. Untuk menghindari konsumsi gula berlebih, gula dapat diganti dengan pemanis rendah kalori.

Baca juga: Pelajar Baubau Temukan Manfaat Daun Kelor untuk Diabetes

Imam mengungkapkan terdapat senam khusus untuk mencegah diabetes yaitu Senam Keluarga Lawan Diabetes yang dapat dilakukan bersama keluarga di rumah.

Senam ini berbeda dengan gerakan senam pada umumnya, karena terdiri dari dua bentuk yakni, senam aerobik yang dianjurkan untuk dilakukan selama 30 menit atau sekitar 150 menit seminggu dan senam resistensi atau latihan beban.

“Itulah yang dianjurkan oleh organisasi diabetes dunia karena mengerjakan senam aerobik dan latihan beban, kecenderungan terkena diabetes dapat ditanggulangi,” tuturnya.

Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia, Tropicana Slim pun menggelar kampanye #Hands4Diabetes dengan mengangkat tema Keluarga dan menghadirkan kegiatan Senam Keluarga Lawan Diabetes. Kegiatan ini digelar di 37 kota di Indonesia antara lain, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Aceh, Palembang, Samarinda, Pontianak, Makassar, Ambon hingga Jayapura dengan total peserta yang hadir sekitar25 ribu orang se-Indonesia. Di Jakarta, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 3.500 warga.

Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim mengatakan #Hands4Diabetes digelar untuk mendorong masyarakat berperan aktif dalam aksi pencegahan diabetes.

“Kita ingin menginspirasi keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat dan produktif dalam misi pencegahan diabetes. Kita ingin Indonesia tidak lagi menjadi negara dengan penderita diabetes yang lumayan banyak karena sekarang ada di peringkat enam kalau bisa semakin turun,” tandasnya.

Selain kegiatan Senam Keluarga Lawan Diabetes, di acara #Hands4Diabetes pengunjung juga dapat menikmati fasilitas cek darah gratis, konsultasi kesehatan dan edukasi akan pentingnya pembatasan asupan gula dan lemak.(OL-5)

BERITA TERKAIT