09 November 2019, 10:25 WIB

Koperasi Harus Bisa Menyikapi Tantangan Kekinian


Apul Iskandar | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
Peringatan Hari Koperasi ke-72 di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara, Jumat (8/11/2019).

WAKIL Wali Kota Pematangsiantar, Togar Sitorus mengatakan di era digitalisasi yang sudah mewarnai kehidupan industri, koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya menyikapi tantangan kekinian itu.

"Tantangan baru yang dihadapi dunia perkoperasian kita, tidak sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata. Namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola. Dalam  konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini," kata Togar saat menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-72 di Lapangan H Adam Malik, Pematangsiantar, Sumatra Utara, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya reformasi total pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis.

Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas  dan inovasi yang tinggi untuk menjaga organisasi dan strategi bisnisnya.

baca juga: Peringatan Maulid Nabi Diwarnai Kenduri dan Zikir

"Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platformn e-commerce, aplikasi retail online, dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya," kata Togar.

Ia berharap agar gerakan koperasi di Kota Pematangsiantar mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT