09 November 2019, 07:27 WIB

Orang Tak Dikenal Bongkar 25 Makam di Tasikmalaya


Kristiadi | Nusantara

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
SEBANYAK 25 makam di TPU Kampung Pakemitan II, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dibongkar orang tak dikenal. 

SEBANYAK 25 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Pakemitan II, Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, ditemukan warga dalam kondisi terbuka di bagian bawah nisan dengan lebar 10 cm dan kedalaman 50 cm.

Salah satu penggali makam di TPU, Anda Juanda, 54, mengatakan kejadian itu pertama diketahui oleh warga yang hendak berziarah pada Jumat (8/11/2019) pagi. Mereka  mengetahui adanya makam yang terbuka di bagian bawah batu nisan dan segera melaporkan kejadian tersebut.
 
"Kami menerima laporan dari seorang warga, setelah dicek di lokasi menemukan 25 makam dalam kondisi sudah terbuka pada bagian bawah batu nisan. Namun, pembongkaran itu diduga hanya membawa tanah kuburan yang ada di dalam karena semua makam dilakukan secara acak," kata Anda, Sabtu (9/11/2019).

Juanda mengatakan, terbukanya 25 makam di TPU Pakemitan bukan kali pertama. Peristiwa serupa  pernah terjadi berapa pekan sebelum digelarnya pemilihan kepala desa (Pilkades). Ada lima makam juga ditemukan terbuka. Peristiwa itu diketahui warga pada Jumat pagi. Penggalian makam yang dilakukan para pelaku diperkirakan pada Kamis malam atau malam Jumat.
 
"Makam yang dibongkar di bawah bagian batu nisan diduga hanya mengambil tanah, tetapi tidak ada jenazah atau kerangka yang hilang. Penggalian tersebut tidak tahu digunakan untuk apa. Kami meminta keluarga dan warga sekitar untuk bergotong royong memperbaiki kembali makam tersebut, meski selama ini tak ada penjagaan khusus setelah kejadian," ujarnya.
 
Sementara itu, Babinsa Pakemitan Koramil 1218 Cikatomas Sertu Dwi Bakti mengatakan, pembongkaran beberapa makam yang digali orang tidak dikenal merupakan kuburan dalam kondisi telah ditembok.

baca juga: BPK Temukan Desa Fiktif di Jatim

"Kami bersama anggota Polsek dibantu warga dan penggali makam melakukan pengecekan hingga ditemukan 25 kuburan telah dibongkar secara acak tanpa dirapihkan kembali. Temuan tersebut telah dilaporkan ke Kodim 0612 Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya," ujarnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT