08 November 2019, 18:30 WIB

Kontribusi Bidang Pendidikan, Esri Indonesia Raih UI Awards 2019


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. Esri Indonesia
 Dok. Esri Indonesia
Penghargaan UI Award untuk Esri Indonesia

AKTIF berkolaborasi untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia sejak 2017, Esri Indonesia diganjar penghargaan dalam Universitas Indonesia Awarding Night 2019 yang digelar 1 November lalu.

Penghargaan diterima langsung oleh CEO Esri Indonesia Achmad Istamar. Dalam dunia pendidikan, khususnya kolaborasinya dengan UI, Esri menciptakan ArcGIS bagi civitas akademi UI.

ArcGIS merupakan salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Esri yang bermanfaat bagi pengolahan data dalam bidang geospasial.

Tak hanya itu, ArcGIS digunakan untuk riset dalam bidang manajemen tata kota, perencanaan wilayah dan perizinan, manajemen kebencanaan, perencanaan pengembangan infrastruktur, serta manajemen sumber daya dan potensi daerah.

Di tahun ini, Esri Indonesia menggelar kegiatan GIS Month 2019 dalam rangka memperingati perayaan GIS sedunia yang jatuh pada 13 November setiap tahunnya.

Baca juga : Esri Indonesia Gandeng Microsoft Luncurkan Geo-Ai Untuk Pebisnis

"Berbagai aktivitas eksplorasi terhadap teknologi GIS akan diadakan selama sebulan penuh, seperti kompetisi video di sosial media, serangkaian seminar dan webinar tentang GIS di berbagai kota di Indonesia yang bekerja sama dengan universitas dengan tema Sustainable Development Week, serta berpartisipasi dalam acara G-Days ke-11 yang dihelat oleh Program Studi Geografi Universitas Indonesia dalam tema GeoAI Week," kat Istamar dalam keterangan tertulisnya.

UI Awarding Night bertema Dari UI untuk Indonesia merupakan penghargaan yang diberikan kepada pihak yang membantu UI mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebanyak 115 penghargaan diberikan untuk kategori Bidang Pendidikan,

Esri Indonesia merupakan perwakilan resmi dari Esri yang merupakan perusahaan pengembang Sistem Informasi Geografis (GIS) yang berkantor pusat di Redlands, California.

Saat ini Esri Indonesia telah memberikan hibah ke 30 universitas di Indonesia termasuk ITB, UI, Unibraw dan juga universitas swasta seperti Universitas Bina Nusantara dan Prasetya Mulya. (OL-7)

BERITA TERKAIT