08 November 2019, 22:05 WIB

Tekuk Hong Kong, Timnas U-19 Punya Modal Kuat ke Piala Asia


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara/Aditya Pradana Putra
 Antara/Aditya Pradana Putra
pemai Indonesia Bagas Kaffa mencoba melepaskan umpan dalam laga kualifikasi Piala Asia U-19 kontra Hong Kong

TIM nasional sepak bola Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Hong Kong 4-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11).

Empat gol Indonesia dilesakkan oleh Bagas Kaffa, Fajar Fathur Rahman, David Maulana, dan Bagus Kahfi.

Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini mengaku tiga poin yang diraih pada pertandingan ini menjadi modal sebelum melawan Korea Utara, Minggu (10/11) pada laga pamungkas dalam kualifikasi.

"Ini menjadi modal berharga bagi kami sebelum lawan Korea Utara," ungkap Fakhri usai pertandingan.

Modal ini penting, lantaran pada laga terakhir akan menjadi penentuan David Maulana dan kawan-kawan untuk lolos ke putaran Final Piala Asia U-19 di Uzbekistan.

Baca juga : Babak Pertama, Timnas U-19 Unggul 2-0 Atas Hong Kong

Sebagai informasi, Juara grup di babak kualifikasi dinyatakan lolos langusng, sementara 4 tim runner-up terbaik akan melengkapi tim yang berlaga di Piala Asia U-19.

Fakhri mengaku pemainnya mampu menerapkan skema menyerang yang efektif dan tidak banyak menyia-nyiakan peluang seperti halnya melawan Timor Leste.

"Saya apresiasi terhadap semua pemain yang hari ini bermain sesusai skenario. Menghadapi Hong Kong yang memang memiliki strategi pertahanan yang baik, kami bisa bermain kompak dan bisa menyisir kelemahan mereka melalui sisi sayap. Terbukti dua gol awal hasil dari kerja keras pemain sayap," ujar Fakhri.

Sementara itu, Pelatih Hong Kong Tholakur Arnason mengakui keunggulan tim asuhan Fakhri Husaini. Ia mengatakan mencoba keluar menyerang ketika tertinggal dua gol pada babak pertama. Namun, timnya tak mampu memutus dominasi gelandang Indonesia si babak kedua.

"Kami ingin bermain menyerang, tap dengan skor 2-0 melawan tim yang bagus seperti Indonesia, saya pikir itu telah berakhir," ujar Tholakur.

Atas hasil ini, Indonesia U-19 bertengger di puncak klasemen Grup K dengan 6 poin. Mereka unggul 2 poin dari Korea Utara yang berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0.

Selanjutnya, Indonesia U-19 akan melawan Korea Utara untuk memperebutkan tiket ke putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan. (OL-7)

BERITA TERKAIT