08 November 2019, 21:50 WIB

Anies: Surya Berikan Contoh Demokrasi Pancasila


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

Antara/Hafidz Mubarak A
 Antara/Hafidz Mubarak A
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpidato di Kongres II Partai NasDem

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan sepak terjang Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sangat terpuji. Pasalnya Surya memberikan contoh dalam menjaga persatuan di tengah perbedaan pandangan politik kepada semua masyarakat terkhusus tokoh-tokoh bangsa.

"Bang Surya Paloh dalam beberapa waktu ini memberikan contoh (menjalin silaturahmi kebangsaan walaupun dengan partai yang berbeda pandangan politik)," katanya saat memberikan sambutan pada Kongres II dan HUT ke 8 Partai NasDem, di Jakarta, Jumat (8/11).

Menurut dia, contoh dari Surya itu sangat baik diterapkan di Indonesia yang menganut demokrasi dan memiliki keberagaman suku, ras, agama maupun pandangan politik.

Hal itu pula membawanya mengingat kembali pada nilai-nilai dasar organisasi Nasional Demokrat yang menjadi cikal bakal Partai NasDem.

"Saya ingat di dalam deklarasi (Organisasi Nasional Demokrat) waktu itu ketika kami bacakan, ketika tahun 2010 kalimatnya sangat relevan. Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demorkasi yang matang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan, keseimbangan seprti itu lah yang harus dituntaskan di Indonesia. Kalimat ini dibacakan waktu itu dan diperjuangkan karena itu harapan kita di Jakarta," paparnya.

Baca juga : Anies Senang Kongres II NasDem di Jakarta

Ia pun mengharapkan Kongres NasDem II di Jakarta kali ini mengusung semangat yang sama. Sebab, kata dia,Jakarta merupakan kota yang paling kaya akam keberagaman dan pemimpinnya harus mengayomi seluruhnya tanpa terkecuali.

"Salah satu masalah yang kami rasakan dan ini adalah masalah yang dialami di seluruh Indonesia, ketimpangan luar biasa sementara pada saat republik didirikan di kota ini, janjinya republik adalah memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan tujuannya tercapai keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," terangnya.

Maka, kata Anies, Partai NasDem harus bisa menjadi yang menjaga cita-cita memberi keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. Kemudian tidak mungkin membangun persatuan dalam ketimpangan dan membangun persatuan dalam keseteraan sebab membangun persatuan harus dalam rasa keadilan.

"Hal itu yang kita coba dorong dan itu saya percaya Kongres kedua diselenggarakan di kota tempat simpul persatuan dimulai, di kota janji kemerdekaan di torehkan. InsyaAllah, Kongres II ini akan membawa semangat restorasi, semangat berdiri bangsa yang akan membawa Indonesia lebih baik dan Nasdem lebih memberikan kontribusi, manfaat bagi seluruh rakyat di Jakarta dan Indonesia," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT