09 November 2019, 00:25 WIB

Dana Desa tidak Cair, Ratusan Kades Parkirkan Mobil Operasional


Kristiadi | Nusantara

MI/Kristiadi
 MI/Kristiadi
Ratusan mobil operasional kepala desa yang diparkir di kantor bupati karena dana desa tidak kunjung cair. 

RATUSAN kendaraan operasional kepala desa di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, teparkir di halaman Kantor Bupati Tasikmalaya. Pengembalian 351 kendaraan tersebut karena dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap tiga tidak kunjung cair.

"Kendaraan operasional sengaja diparkirkan menyusul kekecewaan terhadap pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Sejumlah desa sudah melaporkan administrasi namun pencairan  tidak kunjung turun," kata Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tasikmalaya Panji Permana, Jumat (8/11).

Panji mengatakan, kendaraan yang diparkirkan adalah kendaraan operasional 351 kepala desa di 39 kecamatan.

Panji menambahkan, kepala desa kecewa karena pencairan ADD dan DD terkesan dipersulit dengan alasan perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

"Pencairan akan dilakukan pada pertengahan bulan. Namun semuanya tetap berharap lebih dipercepat mengingat pembangunan hingga pelayanan harus tetap berjalan seperti biasa agar masyarakat tidak menunggu. Kami juga meminta pemerintah daerah supaya memberi bantuan hukum kepada Kepala Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna," ujarnya.

Baca juga: Soal Desa Fiktif, Abdul Halim Bantah Sri Mulyani

Kepala Bagian Pemerintah Desa, Kabupaten Tasikmalaya Nuraedin mengatakan, pencairan ADD dan DD tahap tiga baru sebagian.

"Kami meminta agar semua kepala desa yang telah memarkirkan kendaraan supaya diambil lagi, dan pemerintah daerah akan menurunkan DD dan ADD pada minggu depan. Namun, terkait permintaan bantuan proses hukum terhadap seorang kepala desa untuk sekarang ini akan tetap disampaikan kepada Bupati Tasikmalaya," paparnya. (X-15)
 

 

BERITA TERKAIT