08 November 2019, 15:16 WIB

PDIP Yakin NasDem Konsisten Dukung Pemerintah


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

Dok.MI
 Dok.MI
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meyakini komitmen Partai NasDem untuk tetap berada dalam barisan partai pengusung pemerintah. Pasalnya pertemuan elit partai yang dinahkodai Surya Paloh dengan petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hanya sebatas silaturahmi kebangsaan dan hal itu merupakan aktivitas normal dalam kehidupan demokrasi.

"Ketika Pak Jokowi sudah menanggapi hal tersebut, dialog antar tokoh partai merupakan bagian dari tradisi demokrasi kita. Tapi konsistensi menjalankan posisi politik dalam koalisi dan luar pemerintahan sangat penting," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto usai menghadiri peringatan persahabatan Presiden Indonesia pertama Soekarno dan Presiden pertama Vietnam Ho Chi Minh di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Jumat (8/11).

Baca juga: Pengamat: NasDem Bisa jadi Jembatan Oposisi dan Pemerintah

Menurut dia, pertemuan elit Partai NasDem dan PKS sama sekali di luar konteks posisi atau pilihan politik yang telah terbangun selama proses pemilihan presiden. Maka PDIP tidak mempersoalkan hubungan antar partai lain karena untuk membangun perlu solidaritas seluruh elemen bangsa dan harus mengabaikan sekat pandangan politik.

Hingga saat ini, ia mengatakan Partai NasDem masih menunjukkan sikap selayaknya mitra PDIP dalam koalisi pendukung pemerintah. "Tidak ada persfektif menjauh karena berdialog dengan tokoh partai politik lain itu bagian dari tradisi kita. Setiap partai punya posisi politiknya masing-masing dan kami menghormati itu," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT