08 November 2019, 12:49 WIB

Gempa 5,9 Magnitudo Guncang Iran, 5 Tewas dan Ratusan Terluka


Melalusa Susthira K | Internasional

AFP
 AFP
Iran diguncang gempa 5,9 magnitudo. Warga panik berhamburan keluar rumah. Laporan terakhir gempa menyebabkan 5 orang tewas.

GEMPA bumi mengguncang wilayah barat laut Iran, Jumat (8/11/2019).  Laporan awal yang ditayangkan televisi pemerintah Iran menyebutkan, sedikitnya 5 orang dilaporkan tewas dan 120 orang lainnya terluka. Adapun Pusat Seismologi Iran menuturkan gempa berkekuatan 5,9 magnitudo tersebut mengguncang wilayah yang terletak sekitar 120 kilometer tenggara kota Tabriz, Provinsi Azerbaijan Timur Iran.

Gempa tersebut mengguncang pukul 2.17 dini hari waktu setempat. Seperti dilansir kantor berita Iran IRNA,  gempa tersebut menyebabkan banyak orang berhamburan keluar rumah karena panik. Gempa itu digambarkan berkekuatan sedang dengan kedalaman 8 kilometer dan diikuti oleh 4 gempa susulan.

Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, Mohammad-Reza Pourmohammadi, mengatakan kepada media setempat bahwa sedikitnya 30 rumah telah hancur. Saat ini, operasi penyelamatan tengah berlangsung di 41 desa provinsi tersebut, dengan kerusakan yang sebagian besar terkonsentrasi di dua daerah.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengeluarkan peringatan waspada terkait kemungkinan tingginya angka korban akibat gempa dan bencana yang berpotensi akan meluas. Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) mulanya melaporkan pusat gempa berkekuatan 6.0 magnitudo yang terletak 83 kilometer ke barat daya kota Ardabil dengan kedalaman dangkal sekitar 10 kilometer.

Iran yang terletak di pertemuan dua lempeng tektonik utama kerap mengalami aktivitas seismik. Negara Timur Tengah itu telah menderita sejumlah bencana gempa bumi besar dalam beberapa dasawarsa terakhir. Sebelumnya pada 2012 lalu Iran dilanda gempa yang menewaskan sekitar 300 orang dan lebih dari 600 orang tewas akibat gempa yang mengguncang pada 2005. Adapun pada 2003, Iran dilanda kehancuran hebat akibat gempa bumi dahsyat yang menewaskan sedikitnya 31 ribu orang.

baca juga: 37 Tewas dalam Serangan di Burkina Faso

Jauh sebelumnya pada 1990 lalu, gempa berkala 7,4 melanda wilayah utara Iran dan menewaskan sekitar 40 ribu orang serta melukai 300 ribu orang lainnya. Gempa kuat tersebut menyebabkan setengah juta orang kehilangan tempat tinggal, dan meluluhlantakan puluhan kota dengan lebih dari 2.000 desa hancur. (AFP/Gulfnews/OL-3)

 

BERITA TERKAIT