08 November 2019, 11:59 WIB

Soal Wagub, PKS: Gerindra Jangan Ciderai Kesepakatan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara
 Antara
Ahmad Syaikhu (tengah) salah satu politisi PKS yang masuk dalam bursa calon wakil gubernur DKI Jakarta. 

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) sejauh ini belum menerima usulan empat nama calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra. Menurut Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin belum ada komunikasi resmi maupun tidak resmi mengenai pengajuan empat nama cawagub dari Gerindra.

"Belum ada. Cuma dari media," ungkap Arifin saat dikonfirmasi, Jumat (8/11/2019).

Ditegaskan oleh Arifin, sesuai kesepakatan dan mekanisme administrasi yang telah dilalui sebelumnya, cawagub DKI yang sah adalah masih dua kader PKS yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Kedua nama itu pada Februari lalu telah disepakati menjadi cawagub dan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies kemudian telah bersurat mengusulkan dua nama itu ke DPRD DKI Jakarta untuk dipilih.

"Ya kalau PKS masih mengikuti apa yang sudah disepakati oleh Gerindra," tuturnya.

PKS pun meminta agar Gerindra tidak bersikap gegabah dan tidak menciderai kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya bahwa posisi wagub diserahkan kepada PKS. Ia pun membantah pernyataan politikus Partai Gerindra M. Taufik yang menyebut pemilihan wagub mandek akibat PKS yang kurang aktif berkomunikasi dengan anggota dewan lainnya.

"Ini yg bikin mandek siapa? Kita ingin Gerindra menyepakati yang telah dibuat sama PKS. Agar itu dihormati dan tidak dicederai," tegasnya.

Arifin pun optimistis posisi wagub DKI masih akan diberikan kepada PKS. Peta koalisi nasional yang berubah dan telah membuat PKS serta Gerindra berada di posisi berseberangan diyakininya tidak memengaruhi peta koalisi di ibukota.

"Makanya kita tetap mengawal apa yang telah disepakati. Kita berharap kesepakatan itu dihormati, dijalankan dan tidak dicederai. Kan kesepakatan awal dengan Gerindra seperti itu," pungkasnya.

baca juga: Buru Pelaku Penyiraman Air Keras Siswi SMP, Polisi Selidiki CCTV

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik menyebut Gerindra akan mengajukan empat nama baru cawagub karena menilai pemilihan wagub di DKI mandek. Keempat nama tersebut ialah Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Waketum DPP Gerindra Ferry J Juliantono, Wasekjen DPP Gerindra A Riza Patria, dan Sekda DKI Jakarta Saefullah.(OL-3)

 

BERITA TERKAIT