08 November 2019, 10:04 WIB

Anggaran Rp700 Juta Untuk Normalisasi Dua Sungai di Flotim


Ferdinandus Rabu | Nusantara

MI/Ferdinandus Rabu
 MI/Ferdinandus Rabu
 Normalisasi Sungai di Latonliwo, Desa Latonliwo, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur.

UNTUK mengantisipasi bencana banjir dan longsor, Pemkab Flores Timur telah menganggarkan dana sekitar Rp700 juta untuk normalisasi sungai. Kepala dinas PUPR Flotim, Dominikus Demong saat dikonfirmasi Jumat (8/11/2019) mengatakan saat ini Dinas PUPR mempercepat proyek normalisasi sungai di dua titik.

"Prediksi BMKG kan akhir November baru memasuki musim hujan sehingga saat ini kami sedang giatnya melakukan normalisasi sungai. Ada dua titik sungai yang dinormalisasi, yaitu di Desa Latonliwo dan Desa Wawerang," kata Dominikus.

Untuk normalisasi Sungai di Latonliwo, Desa Latonliwo, Kecamatan Tanjung Bunga membutuhkan biaya sekitar Rp600 juta. Sedangkan normalisasi di Weiwerang, Adonara Timur, anggarannya baru masuk dalam pagu anggaran APBD perubahan dengan dana sekitar Rp140 juta. Total anggaran seluruhnya sekitar Rp700 juta.

baca juga: Operasi Mantap Brata Progo 2018 Ditutup

Adanya normalisasi sungai disambut bahagia warga. Sebab masyarakat di tepi sungai selalu langganan banjir setiap kali hujan tiba.

"Kami senang dengan adanya proyek ini. Selama ini kami panik dan takut jika musim hujan tiba karena sungai selalu meluap dan mengancam wilayah dan akses jalan di desa kami," kata Linus Linong Belaja, salah seorang warga Latonliwo Satu yang ditemui di sekitar lokasi proyek. (OL-3)

BERITA TERKAIT