08 November 2019, 08:05 WIB

Ratusan Layanan Dilayani Cepat di Mall Pelayanan Publik


mediaindonesia.com | Megapolitan

Istimewa/Pemprov DKI
 Istimewa/Pemprov DKI
Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

NYAMAN, bersih, dan responsif menjadi kesan pertama yang diperoleh saat mendatangi Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Ketika pertama kali masuk ke pintu langsung disambut oleh pegawai yang menanyakan keperluan kunjungan sambil memberikan nomor antrian serta mengarahkan ke lokasi yang kita inginkan.

Tampilan lantai dasar yang menarik, ruang yang luas, dan deretan meja pelayanan yang ditata sedemikian rupa memberi kesan dinamis, modern, dan tidak kaku.

Pelayanan yang diberikan juga membuat banyak warga DKI Jakarta yang datang merasa puas. Misalnya Triono, pegawai salah satu rumah sakit di Jakarta yang mengurus perizinan kepada Pemprov DKI, mengaku amat terbantu dengan adanya MPP tersebut.

Triono mengaku dirinya baru saja mengurus izin instalasi pengolahan air limbah (IPAL) bagi rumah sakit tempat dirinya bekerja. Ia pun mengaku kagum dengan kemudahan pelayanan dari Pemprov DKI Jakarta. Salah satunya ialah nomor antrean yang secara online dapat diperoleh dan disesuaikan dengan waktu yang diinginkan oleh pihak yang mengurus izin.

"Wah luar biasa, semuanya jadi teratur. Dulu kita mungkin ribet. Sekarang antrean sudah online, jadi tidak sampai menunggu hingga berjam-jam. Kita juga bisa pilih waktu sendiri," ujarnya saat ditemui Media Indonesia seusai mendapat pelayanan di Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta yang terletak di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Jalan HR Rasuna Said, Jaksel, Senin (4/11).

Lebih lanjut, Triono menilai waktu tunggu untuk suatu layanan pun tidak membutuhkan waktu lama. Untuk mengambil dokumen, dia hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

"Waktu penyerahan dokumennya tidak lama. Waktunya relatif karena ada verifikasi juga. Asal datanya lengkap, 1 bulan juga selesai. Biasanya ditanda bukti terima akan terlihat berapa lama prosesnya," jelasnya.

Triono menambahkan, dengan seluruh pelayanan publik digabungkan dalam satu lokasi sangat memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik. Ditambah dengan pegawai yang responsif dan membantu pelayanan, hal tersebut menjadi sangat membantu bagi masyarakat.

"Namun, saya memberi masukan agar ke depannya ada feeder bus Trans-Jakarta yang melayani ke lokasi MPP. Tanpa kendaraan pribadi, lokasinya yang agak ke dalam cukup memberatkan," tutup Triono.

Pembentukan MPP di DKI Jakarta merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama unit-unit pelayanan publik lainnya di Jakarta, baik pusat, daerah, BUMN, BUMD, maupun swasta.

Di Mal Pelayanan Publik itu masyarakat DKI dapat mengakses lebih dari 300 layanan publik di Jakarta, seperti pengurusan paspor, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pengurusan izin mendirikan bangunan, serta izin-izin lain. Dro/S5-25)

BERITA TERKAIT