07 November 2019, 22:50 WIB

Kabareskrim Diimbau Sosok yang Dekat Umat Islam


Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum

Antara/Edi Suhaedi
 Antara/Edi Suhaedi
Haikal Hassan

KETUA II Persaudaraan Alumni (PA) 212, Haikal Hassan mengatakan seharusnya calon Kabareskrim harus sosok yang memiliki kedekatan dengan umat Islam dan menghormati para ulama serta cendikiawan di Indonesia.

"Kalau untuk mengusulkan siapa nantinya calon Kabareskrim yang tepat, itu harus yang memiliki kedekatan dengan umat Islam dan berjalan bersama dengan para ulama," kata Haikal, saat dikonfirmasi Kamis (7/11).

Haikal menjelaskan, hubungan Polri dan umat Islam belakangan mulai retak usai peristiwa 21-22 Mei 2019. Dia berpandangan banyak umat Islam yang hatinya tersakiti terkait peristiwa tersebut.

Selain itu, calon Kabareskrim juga harus memiliki visi dan misi yang jelas untuk menjaga situasi keamanan nasional di masa mendatang.

"Dari aspek keamanan nasional juga penting. Itu semua harus dimiliki oleh calon Kabareskrim baru," pungkasnya.

Baca juga : Ini Tiga Poin Kualifikasi kabareskrim Baru Versi Masyarakat Sipil

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan Kapolri Jenderal Idham Azis akan segera menunjuk Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) baru dalam beberapa hari mendatang.

"Insyallah kalo beberapa hari lagi insyallah. Ini jadi prioritas beliau tapi kan ada mekanismenya," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/11)

Iqbal menambahkan, penentuan posisi Kabareskrim merupakan hak prerogatif Kapolri. Namun, proses mekanismenya juga melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri.

"Memang hak prerogatif seorang kapolri tapi harus ada rapat dewan kebijakan tinggi yang dipimpin oleh wakapolri dan staf," sebutnya.

Iqbal enggan menjawab sosok kandidat yang akan menduduki jabatan Kabareskrim baru tersebut. Ia memastikan bahwa Kapolri akan memilih perwira polisi yang berintegritas dan punya kemampuan.

"Yang jelas semua perwira tinggi yang berpangkat bintang dua dan bintang tiga berpeluang tapi jelas bapak kapolri akan menunjuk seorang pati yang berintegritas mempunyai track record yang baik," terangnya

Iqbal menjelaskan kabareskrim merupakan jabatan yang penting di kepolisian negara indonesia. (OL-7)

BERITA TERKAIT