08 November 2019, 02:20 WIB

Target Rebut Emas di Debut


(Des/Ykb/R-3) | Olahraga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Atlet Modern Pentathlon Indonesia mengikuti pelatnas SEA Games 2019 di Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (7/11/2019). 

INDUK cabang olahraga Modern Pentathlon Indonesia (MPI) menargetkan bisa mendapat satu medali emas dari SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Filipina. MPI kini memiliki tujuh atlet yang akan diseleksi menjadi enam atlet untuk bisa bersaing di ajang dua tahunan itu.

"Kami punya target satu emas dan kalau lebih ya lebih baik. Berkaca dari Asian Games tahun lalu, saya rasa kalau di Asia Tenggara kita masih bisa bersaing. Bisa dikatakan di kawasan Asia Tenggara persaingannya ketat karena belum ada yang kelihatan unggul banget," ungkap Ketua Umum MPI Anthony Charles Soenarjo, kemarin.

Menurut Anthony, karena PMPI baru terbentuk pada 2015, pihaknya tidak punya banyak pilihan terkait dengan atlet yang akan diterjunkan ke Filipina. "Kami tidak punya pilihan lain selain persiapkan (atlet) yang sudah jadi aja. Istilahnya kan mereka tinggal kita poles lagi," lanjut Anthony.

Untuk persiapan terakhir, atlet-atlet PMPI akan mengikuti Kejuaraan Modern Pentathlon Asia-Oceania yang berlangsung di Wuhan, Tiongkok. Kejuaraan itu akan berlangsung pada 11-17 November.

Sementara itu, Frada Saleh Harahap selaku atlet yang diproyeksikan untuk maju di ajang SEA Games mengaku siap dengan target yang ditentukan. Dia pun mengatakan bahwa sejauh ini persiapan yang telah dilakukan sudah matang.

Dari cabang olahraga catur, persiapan yang dilakukan atlet-atlet Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), ialah menjaga mental agar tidak besar kepala ketika tampil di SEA Games. Pasalnya, pecatur Indonesia yang tampil nanti pastilah memiliki gelar.

Kepala Pembinaan dan Prestasi Percasi Kristianus Liem pun mengakui salah satu kelemahan pihaknya dalam hal pembinaan ialah tak punya psikolog khusus untuk menangani mental atlet.

Terpisah, Komandan Kontingen (CdM) Indonesia untuk SEA Games Harry Warganegara memastikan bahwa pekan depan Presiden Jokowi akan melepas atlet-atlet Indonesia.

"Kita optimistis dan 99% semua bisa pulang bawa medali walau kebanyakan atlet yang ikut merupakan junior. Tapi, saya yakin kita bisa membawa 50 medali atau bahkan lebih," kata Harry . (Des/Ykb/R-3)

BERITA TERKAIT