07 November 2019, 18:26 WIB

Piala Dunia U-20, Menpora Minta PSSI Ikuti Instruksi FIFA


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara
 Antara
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali 

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta PSSI untuk terus menjalin komunikasi dan mendapatkan arahan dari FIFA dan AFC untuk menyiapkan Piala Dunia U-20 pada 2021.

Zainudin berharap turnamen yang akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021 itu segera rampung. Pasalnya, waktu menuju waktu penyelenggaraan tinggal satu setengah tahun lagi.

"Kami mendorong PSSI terus memperoleh supervisi dari FIFA dan AFC agar progress persiapannya dalam waktu yang relatif singkat ini akan dapat dilakukan secara efektif dan efisien," ungkap Zainudin, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (7/11).

 

Baca juga: Timnas Jaga Asa Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-19

 

 

Zainudin berkaca pada kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 lalu. Saat itu, Komite Olimpiade Indonesia dan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee atau Inasgoc mendapatkan arahan langsung dari Olympic Council of Asia (OCA).

Zainudin mengaku sejauh ini masih terdapat aspek yang harus dipenuhi sesuai dengan standar FIFA, khususnya terkait dengan standar stadion dan fasilitas penunjang seperti lapangan latihan.

Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi secara intensif dengan PSSI untuk menyiapkan segala kekurangan tersebut dan secepatnya akan bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas persiapan yang juga membutuhkan andil kementerian lain.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengaku akan menyiapkan penyelenggaraan secara maksimal. Namun, ia mengaku penyelenggaraan juga harus dibarengi dengan prestasi tim nasional. Ia tak ingin Indonesia hanya menjadi tim penggembira di event dua tahunan itu.

"Kita jangan hanya jadi penyelenggara saja, tentunya jangan sampai kalah di babak penyisihan, ini yang sedang kita pikirkan bersama, mohon doanya dari semua agar kita bisa mencapai harapan," imbuh Iwan. (OL-8)

BERITA TERKAIT