07 November 2019, 15:49 WIB

707 Nelayan di Bengkulu Tengah Diasuransikan


Marliansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Para nelayan di Bengkulu Tengah secara bertahap mendapatkan asuransi. 

SEBANYAK 707 orang nelayan yang tersebar di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, diasuransikan. Ratusan nelayan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, mendapat jaminan keselamatan yang dibiaya asuransi. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Benteng, Yuhannah di Bengkulu, mengatakan, sebanyak 707 orang nelayan di Kabupaten Bengkulu Tengah, diasuransikan dan pemberian jaminan asuransi nelayan dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan anggaran ditanggung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.
     
"Hampir semua nelayan di Kabupaten Bengkulu Tengah, mendapat jaminan asuransi keselamatan," kata Yuhannah, Kamis (7/11/2019).

Jumlah nelayan yang diasuransikan dengan rincian sebanyak 123 orang nelayan diakomodir pada 2016, 505 orang pada 2017 dan 48 orang pada 2019. Saat ini, dinas perikanan setempat, masih mendata nelayan yang belum terakomodir untuk penambahan kuota. Jaminan asuransi nelayan pada 2019 bekerjasama dengan PT Jasindo dengan ketentuan, setiap orang dikenakan membayar premi sebesar Rp175 ribu per tahun. Premi asuransi yang ditanggung oleh kementerian kelautan dan perikanan merupakan bentuk kepedulian terhadap nelayan.

baca juga: ASN Harus Netral Jelang Pilkada Serentak 2020
     
Asuransi tersebut, menjamin nelayan yang meninggal dunia saat mencari ikan akan mendapat uang asuransi sebesar Rp200 juta. Bagi yang mengalami cacat tetap, asuransi yang diberikan sebesar Rp160 juta. Sebanyak 707 orang nelayan di kabupaten tersebut tersebar di Kecamatan Pondok Kelapa, langsung menghadap Samudera Hindia. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT