07 November 2019, 14:24 WIB

Masuk Musim Hujan, Dinas Kehutanan Rapikan 60 Ribu Pohon


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Bary Fathahilah
 MI/Bary Fathahilah
Petugas Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta memangkas ranting batang pohon seusai melakukan penebangan

MEMASUKI musim hujan, Dinas Kehutanan DKI Jakarta melakukan upaya penopingan terhadap pohon-pohon yang sudah tua dan rapuh di seluruh wilayah ibu kota.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyebut sudah melakukan penopingan kepada sebanyak 60.979 pohon sejak Januari hingga Oktober.

Kegiatan ini, menurut Suzi, rutin dilakukan sejak awal tahun. Sebab, penopingan tidak hanya dilakukan pada cabang pohon rapuh dan membahayakan warga yang melintas di sekitarnya tetapi juga kepada cabang pohon yang menghalangi rambu, mengganggu kabel listrik dan penanda jalan.

"Dilakukan penopingan secara rutin terutama menjelang musim hujan terhadap semua pohon yang sudah terlalu rimbun," ungkap Suzi ketika dihubungi Media Indonesia, Kamis (7/11).

Baca juga: Puluhan Pohon di Kabupaten Bekasi Tumbang akibat Hujan Angin

Tidak hanya melakukan penopingan, Dinas Kehutanan juga membersihkan pohon dari benalu. Ada sebanyak 2 ribu pohon yang dibersihkan dari benalu sejauh ini.

Penopingan akan digalakkan semakin mendekati puncak musim hujan yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berlangsung pada Januari hingga Februari 2020.

Ia pun menegaskan bagi warga yang mengalami kerugian akibat pohon tumbang menimpa harta bendanya atau fisik warga dapat mengklaim ganti rugi ke Dinas Kehutanan DKI Jakarta.(OL-5)

BERITA TERKAIT