07 November 2019, 07:40 WIB

Dari Donasi Terbangun Puskesmas Megah


(Hendra Saputra/N-2) | Nusantara

MI/SAPUTRA
 MI/SAPUTRA
PERESMIAN PUSKESMAS: Ketua Yayasan Dompet Kemanusian Media Group (YDKMG), Ali Sadikin (kiri), menyaksikan penandatanganan prasasti 

AIYUB Abbas tersenyum puas. Pagi kemarin, Bupati Pidie Jaya, Aceh, itu menghadiri peresmian bangunan baru Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Meurah Dua, yang ada di Desa Meunasah Raya.

Bangunan lama rusak berat setelah digoyang gempa pada 2016. Bencana terhebat setelah tsunami 2004 itu juga menyebabkan 104 warga tewas.

Seperti tsunami, Media Group kembali membantu Aceh. Jika biasanya menyasar sekolah, pascagempa, Bupati Aiyub meminta kelompok usaha yang memiliki Media Indonesia, Metro TV, dan Lampung Post ini membangun gedung Puskesmas Meurah Dua.

Dengan dana masyarakat yang didonasikan ke Dompet Kemanusiaan Media Group, pembangunan puskesmas dilakukan sejak Januari lalu. Pembangunan kelar dan kemarin gedung itu diserahkan kepada Bupati Aiyub. "Terima kasih masyarakat Indonesia dan Media Group. Kualitas gedung puskesmas ini luar biasa," ujar Aiyub.

Gedung baru Puskesmas Meurah Dua dibangun dua lantai. Lantai bawah berfungsi sebagai tempat pelayanan puskesmas, lengkap dengan polianak, poligigi, dan unit gawat darurat. Lantai dua berfungsi sebagai ruang kantor dan pusat pengembangan tenaga kesehatan, yaitu bisa digunakan untuk pelatihan peningkatan kemampuan bidan dan perawat.

"Setelah gedung ini diserahkan, kami berharap pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama menjaga dan memelihara fasilitas di puskemas. Ini amanah dari masyarakat Indonesia melalui Dompet Kemanusiaan Media Group," tutur Chief CSR Officer Media Group, Lisa Luhur.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Metro TV Suryopratomo meminta puskesmas tidak hanya dioperasikan untuk mengobati warga yang sakit. "Seperti program pemerintah, puskesmas harus menjadi ujung tombak penyehatan masyarakat. Tidak hanya mengobati, tapi juga melakukan tindakan preventif atau pencegahan," lanjutnya.

Dia meminta lahan di sekitar puskesmas bisa digunakan untuk kegiatan olahraga masyarakat. (Hendra Saputra/N-2)

BERITA TERKAIT