06 November 2019, 23:14 WIB

Kemendikbud Dorong Perguruan Tinggi Hasilkan Wirausahawan


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Podomoro University
 Dok. Podomoro University
Wisuda ke-2 Podomoro University

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan pada mahasiswanya.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ismunandar mengatakan, pihaknya ingin makin banyak lulusan perguruan tinggi yang terjun ke dunia wiirausaha.

"Saya sangat hargai perguruan tinggi seperti Agung Podomoro yang punya tema kewirausahaan. Sangat penting ada perguruan tinggi yang secara khusus untuk melatih entrepreneurship," ujarnya di acara Wisuda ke-2 Pdomoro University di Jakarta, Rabu, (6/11).

Menurutnya, jiwa wirausaha tak cukup hanya dipelajari secara teori, tapi juga dipalikasikan di lapangan.

"Angkatan kerja kita masih banyak yang berpendidikan rendah. butuh keberaniaan untuk mengawali menjadi wirausaha," ujarnya

Baca juga : UBL Siapkan 2.000 Beasiswa untuk Hasilkan SDM Unggul

Dia meminta lulusan perguruan tinggi keluar dari zona nyaman dan mengembangkan keunggulan.

"Ambil resiko dengan cerdas. jangan berpuas diri. wisuda bukan akhir, melainkan awal untuk persaingan," tegasnya.

Rektor Podomoro University Bacelius Ruru mengatakan, tantangan di masa depan sangat kompleks. Perubahan berlangsung sangat cepat dan dinamis. Untuk menjawab tantantan itu, perlu komitmen dan pikiran yang terbuka.

"Buka peluang baru, bangun kolaborasi" ujarnya di tempat yang sama.

Podomoro sebagai universitas berbasis kewirausahaan, kata dia, berusaha membangun mindset entrepreneurial sejak dini.

Baca juga : Ini Langkah Pemerintah Jaga Iklim Usaha dan Investasi

Kepala Prodi Kewirausahaan Podomoro University Wisnu Dewobroto dalam Orasi Ilmiah wisuda tersebut mengatakan tingkat wirausaha di Indonesia berada di peringkat 94 dari 137 negara. Di bawah Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Selain itu,produk yang  dijual 93% berasal dari negara lain di e-commerce. Namun begitu, Wisnu mengaku optimis Indonesia akan terus bangkit dan maju.

"Saya sangat optimis. Perlu ada landasan kewirausahaan yang kuat mengingat zaman sudah berubah. Semua orang sudah terkoneksi dengan teknologi," ujarnya.

Sementara itu, dalam wisuda kali ini, Podomoro University meluluskan sebanyak 131 mahasiswa dari 6 program studi dari jenjang Strata-1 (S1) dan Dploma 4 (D4). (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT