06 November 2019, 20:30 WIB

Temui Wapres, Apindo Minta Pemerintah Bereskan Persoalan Regulasi


 Nur Aivanni | Ekonomi

ANTARA/PUSPA PERWITASARI
 ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani

KETUA Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani, mengatakan bahwa pihaknya berharap kepada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan regulasi. 

Hal itu menjadi catatan dalam pertemuan Apindo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kita berharap dukungan Pak Wapres untuk menyelesaikan permasalahan regulasi yang menjadi catatan bagi kami," katanya di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (6/11).

Ia menekankan bahwa persoalan regulasi masih menjadi tantangan ke depannya. Pasalnya, kata dia, masih ada regulasi yang menghambat investasi maupun menghambat lapangan pekerjaan baik di pusat maupun di daerah.

Dalam kesempatan tersebut, dikatakan Hariyadi, pihaknya juga menyerahkan roadmap kepada Ma'ruf Amin. Roadmap tersebut disusun untuk membantu pemerintah dalam memetakan masalah dan mencari solusinya. 

"Itu kita sampaikan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan," tambahnya.

Baca juga: Regulasi Pengadaan Tanah Pembangunan Kurang Sensitif HAM

Roadmap tersebut, lanjut dia, disusun oleh para pengusaha sendiri. Roadmap tersebut mencakup semua sektor. 

"Dibuat sistem secara matriks. Hampir meng-cover semua problem kita, bahkan tak hanya memetakan masalah tapi juga mencari solusinya," terangnya.

Di awal pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, disampaikan Hariyadi, memang menyangkut deregulasi adalah hal yang utama. Pasalnya, itu kunci untuk melakukan akselerasi. 

"Regulasi kalau tidak dikawal bisa melenceng dan makan waktu. Jadi yang kita sampaikan deregulasi secara matriks, secara menyeluruh," tandasnya. (A-4)

BERITA TERKAIT