06 November 2019, 18:32 WIB

TNI Pastikan Pengamanan Pilkada 2020 akan Lebih Baik


Putra Ananda | Politik dan Hukum

Antara/Indrianto Eko Suwarso
 Antara/Indrianto Eko Suwarso
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saar rapat kerja dengan Komisi I DPR, Rabu (6/11).

PANGLIMA TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pihaknya siap mengamankan pelaksanaan pilkada serentak 2020 di 270 daerah. Pernyataan tersebut disampaikan Hadi saat melaksanakan rapat kerja dengan Komisi 1 DPR.

Dalam paparannya di depan pimpinan dan anggota Komisi 1 DPR Hadi menyebut pengamanan pilkada 2020 akan lebih diperkuat dari pengamanan pilkada serentak sebelumnya.

"Berdasarkan pengalaman kegiatan kemarin pilkada termasuk Pilpres kita melakukan prediksi dan antisipasi sehingga apa yang kita lakukan mulai sekarang bisa kita persiapkan kemungkinan apa yang akan terjadi" ujar Hadi.

Hadi melanjutkan, berdasarkan pemetaan antisipsi yang dilakukan oleh TNI, Papua masih menjadi daerah rawan konflik. Potensi Konflik yang terjadi di Papua cenderung menggunakan isu SARA hingga politik uang.

Selain itu aspek penyelenggaraan, kontestasi, dan tingginya partisipasi juga berpotensi menimbulkan konflik dalam pilkada.

Baca juga : TNI Prioritaskan Peningkatan Kekuatan Pertahanan

"Untuk keamanan pelaksanaan Pilkada serentak tersebut TNI menyiagakan personel dan alutsista untuk perbantuan kepada Polri sesuai dengan Undang-undang dan aturan yang berlaku, Pada pemilu yang lalu TNI mengerahkan kekuatan sebesar 2/3 dari kekuatan yang dikerahkan oleh Polri sesuai denhan SOP," ungkap hadi

Selain memaparkan tentang pengamanan pilkada, dalam kesempatan tersebut Hadi nuga memaparkan program kerja TNI sepanjang 2019-2024. Hadi menyebut perlu ada penambahan alutsista untuk memperkokoh keamanan negara.

"Memerlukan percepatan untuk alutsista yang belum ada seperti kapal selam," ujarnya.

"Untuk menanggulangi terorisme kita juga memerlukan peralatan dan pelatihan untuk personil-personil yamg kita libatkan dalam kegiatan suatu wadah Koopsus TNI," pungkas Hadi. (OL-7)

BERITA TERKAIT