06 November 2019, 17:53 WIB

Pemkot Medan Selidiki Pembuang Bangkai Babi ke Sungai


Yoseph Pencawan | Nusantara

ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
 ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Seorang warga menangkap babi

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Medan, Sumatra Utara (Sumut) mulai menyelidiki temuan banyaknya bangkai babi yang hanyut di sejumlah lokasi, terutama di Sungai Bederah, Kecamatan Medan Marelan.

Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), menurunkan sebuah tim khusus di sekitar daerah penemuan ratusan bangkai babi. Mereka mengambil sampel dan menelusuri tindakan pembuangan yang diduga dilakukan dengan sengaja.

"Kami melakukan penelusuran siapa di balik pembuangan bangkai babi ke Sungai Bederah," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan Armansyah Lubis.

Menurut Armansyah, petugas telah mengambil sampel bangkai babi dan sampel air sungai. Ini untuk mencari tahu sejauh mana bangkai-bangkai tersebut telah mencemari air sungai, setelah dilakukan pengujian di laboratorium.

Dia menyebutkan, tim DLH juga menanyai para warga setempat perihal keberadaan bangkai-bangkai tersebut. Untuk sementara, mereka mendapatkan indikasi bahwa bangkai-bangkai tersebut dibuang dengan sengaja.

Mereka juga menerima informasi adanya orang yang datang dengan mengendarai mobil yang mengangkut bangkai babi dan mencampakkannya ke Sungai Bederah.

Untuk mengantisipasi tindakan serupa terulang lagi, DLH juga mendirikan posko pengawasan di daerah tersebut. Namun dia tetap meminta peran aktif warga untuk membantu melakukan pengawasan.  ''Bila melihat tindakan pembuangan bangkai sehingga dapat dengan cepat diteruskan ke pihak kepolisian. Warga juga dapat melaporkannya langsung ke polisi,'' paparnya. (OL-11)

BERITA TERKAIT