06 November 2019, 17:43 WIB

Hasil Survei: Soal Transparansi Informasi, BTP Ungguli Anies


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Dok. MI
 Dok. MI
Nona Evita

DALAM hal keterbukaan informasi publik, masyarakat menilai pada era Gubernur Tjahaja Basuki Purnama (BTP) atau Ahok lebih baik ketimbang era Gubernur Anies Baswedan. Hal ini disampaikan oleh Peneliti Populi Center, Nona Evita.

Hasil survei menyebutkan, mayoritas publik menilai bahwa pengunggahan video rekaman rapat Pemprov DKI Jakarta mendapatkan respons baik dari masyarakat dengan kepuasan sebesar 70%.

Lalu pertanyaan survei mengenai tidak adanya unggahan video rekaman rapat kerja saat era Anies, sebanyak 68% setuju dengan kebijakan tersebut.

"Dari data situ masyarakat menilai era Pak Ahok itu keterbukaan informasi lebih baik daripada Anies. Survei dilakukan sebelum kisruh lem aibon dan lainnya," ujar Nona di Kantor Populi Center, Jakarta Barat, Rabu (6/11).

 

Baca juga: Fitra: Ada Temuan Rp78,8 miliar untuk Folio

 

Menurut Nona, sebenarnya warga Jakarta tidak heran dengan terkuaknya usulan anggaran DKI 2020 yang ganjil seperti usulan lem aibon sebesar Rp82,8 miliar.

"Karena masyarakat Jakarta sebelum kasus ini sudah menilai bahwa informasi publik era Anies lebih tertutup. Di awal kepemimpinan Anies, sebetulnya sudah punya komitmen yang baik untuk memberantas korupsi, seharusnya ini berjalan baik kedepan," terangnya.

Hasil survei lainya, diungkapkan bahwa masyarakat ternyata lebih puas dengan kinerja Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) era Anies.

Padahal, menurut Nona, di era BTP anggota TGUPP hanya berjumlah 13 orang dengan anggaran Rp2,3 miliar tiap tahunnya. Sedangkan di era Anies, jumlah anggota TGUPP ada 78 orang dengan menghabiskan anggaran Rp28 miliar setiap tahun.

"Dalam survei itu kami tanyakan, menurut anda kebijakan mana yg lebih tepat? Hasilnya, masyarakat puas pada kebijakan TGUPP Anies dengam 34,7%, sedangkan era Ahok 32,3%," kata Nona.

"Namun, dengan anggaran yang lebih besar dan jumlah TGUPP lebih banyak, harusnya lebih baik. Tapi, Saya juga tidak pernah mendengar apasih output ataupun outcome dari kinerja TGUPP zaman Anies? Saya enggak tahu," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT