06 November 2019, 16:00 WIB

DPR Dukung Pemerintah Investigasi Desa Fiktif


Faustinus Nua | Ekonomi

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Desa Sedyo Mulyo, Ogan Komering Ilir, berhasil memanfaatkan dana desa

MENTERI Keuangan RI Sri Mulyani menyebut banyak desa fiktif bermunculan akibat besarnya alokasi dana desa dari pemerintah pusat ke daerah. Sri Mulyani memastikan akan menginvestigasi serta mengevaluasi temuan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPR RI Komisi XI Mustofa mendukung pemerintah untuk melakukan investigasi. Menurutnya, masalah tersebut perlu dibutikan agar tidak terjadi kebingungan di masyarakat.

"Ya ini perlu dibuktikan dulu desa fiktif itu seperti apa dan berapa jumlahnya. Dana desa sejak periode pertama Jokowi itu besar sekali, tapi perlu dibuktikan," katanya di komplek DRI RI, Jakarta (6/11).

Baca juga: KPK Turun Tangan Selisik Dana Desa Fiktif

Menurutnya, keberadaan desa-desa di seluruh Indonesia sudah terdafatar serta terdata di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Selain itu, data di tingkat provinsi maupun kabupaten juga ada. Dengan demikian, pemerintah pusat dan daerah bisa mengecek sekaligus mengevaluasi.

"Mungkin saja ada desa yang penduduknya minim. Ada juga desa yang penduduknya begitu banyak tapi alokasi dana desanya sama," tuturnya.

Mantan Bupati Kudus ini juga mengatakan saat ini perlu dilakukan investigasi terlebih dahulu. Hal tersebut dinilai penting sehingga masyarakat bisa tahu kebenaranya mengingat jumlah desa di Indonesia yang begitu banyak mencapai 74.957 desa.(OL-5)

BERITA TERKAIT