06 November 2019, 15:13 WIB

Indonesia Kekurangan Ratusan Ribu Guru


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

ANTARA FOTO/Syaiful Arif
 ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Seorang guru honorer melakukan proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Bandung III Jombang, Jawa Timur, Selasa (24/11)

DIREKTUR Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Supriano mengungkapkan saat ini sekolah negeri di seluruh Indonesia mengalami kekurangan sekitar 700 ribu tenaga pendidik/guru. Hal ini disebabkan adanya moratorium penerimaan guru padahal setiap tahun selalu ada guru yang pensiun.

“Sebenarnya kekurangan guru ini memang karena ada moratorium, tidak ada pengangkatan guru baru. Sementara pensiun kan jalan terus. Sehingga untuk memenuhi itu diangkatlah oleh sekolah guru honorer,” kata Supriano saat ditemui di Batalyon 133 Yudha Sakti, Padang, Sumatra Barat, Selasa (5/11).

Baca juga: Mendikbud Diminta Prioritaskan Nasib Guru Honorer

Untuk menutupi kekurangan tersebut, pemerintah membuka moratorium sejak tahun lalu melalui lowongan 66 ribu CPNS. Kemudian pada Februari-Maret, pemerintah mengadakan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi 34 ribu guru.

“Artinya sudah ada 100 ribu guru yang diangkat oleh pemerintah, tahun ini ada pengangkatan guru lagi. Kalau setiap tahun pengangkatannya minimal 100 ribu, mungkin 5 tahun selesai (masalah kekurangan guru),” tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT