06 November 2019, 09:21 WIB

Sambut Hari Wayang Nasional, Klaten Gelar Festival Dalang Anak


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Festival dalang anak tingkat SD se-Kabupaten Klaten dalam menyambut Hari Wayang Nasional 7 November.

MENYAMBUT Hari Wayang Nasional, Dewan Kesenian Klaten, Jawa Tengah, menggelar festival dalang anak tingkat sekolah dasar (SD) di halaman Gedung Sunan Pandanaaran (RSPD) Klaten, Selasa (5/11/2019). Festival dalang anak se-Kabupaten Klaten tersebut, dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Endang Hadiyanti.

Ketua Panitia Festival Dalang Anak Kabupaten Klaten, Gandung Sunarno, dalam laporannya mengatakan kegiatan festival dalang anak tingkat SD tahun ini diikuti tujuh peserta yang berumur 8-12 tahun.

"Tujuan diadakan festival dalang anak, yang utama adalah sebagai upaya regenerasi dalang di Kabupaten Klaten. Selain itu, dalam rangka pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Kesenian Klaten FX Setyawan DS mengemukakan penyelenggaraan festival dalang anak merupakan program kegiatan Dewan Kesenian Klaten 2019.

"Kegiatan festival dalang anak tahun ini digelar juga untuk menyambut Hari Wayang Nasional 7 November. Serta sebagai upaya nguri-uri (melestarikan) seni budaya daerah yang adiluhung itu," imbuhnya.

Masih dalam rangka Hari Wayang Nasional, Dewan Kesenian, Kamis (7/11) malam juga akan menggelar pentas wayang kulit spektakuler di Alun-alun Klaten, dengan melibatkan sekitar 250 dalang. Dalam sambutan pembukaan, Kepala Bidang Kebudayaan Endang Hadiyanti atas nama Pemkab Klaten mengapresiasi dan menyambut positif penyelenggaraan festival dalang anak tersebut.

"Ke depan kami mengharapkan kegiatan festival dalang anak terus berlanjut, guna regenerasi dalang di Klaten. Selain itu, untuk mewujudkan Klaten sebagai Kota Dalang," pungkasnya.

baca juga: Majalengka Antisipasi Tanah Bergerak

Festival dalang anak tingkat SD di Klaten, dinilai dewan juri yang terdiri dari Suratno (ISI Surakarta), Nuryanto (ISI Yogyakarta), dan Ki Suwito Radyo (Dewan Kesenian Klaten). Sebagai penyaji terbaik I Hanung Widyantoro, penyaji terbaik II Sigra Jumangkah, penyaji terbaik III Muh Aziz Nugraha Jati, penyaji harapan I Raihan Langgeng Nugrahanto, dan harapan II Kunta Wijaya. Para pemenang festival dalang anak mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Ketua Harian
Dewan Kesenian Klaten FX Setyawan DS. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT