06 November 2019, 07:30 WIB

Hipnoterapi Perbesar Peluang Turunkan Berat


(Ata/H-2) | Humaniora

123RF
 123RF
ilustrasi

MEMILIKI berat badan ideal merupakan impian semua orang, termasuk Riska, 38. Sudah beberapa jurus diet dicobanya, tapi tak juga membuat berat badannya surut, malah bertambah.

Baru-baru ini ia mencoba diet karbo, terinsiprasi kesuksesan kawan-kawannya di tempat kerja. "Awalnya sulit karena saya itu belum makan rasanya kalau enggak makan nasi. Saya juga khawatir asam lambung saya kambuh kalau makan selain nasi atau jam makan saya lompat," tuturnya kepada Media Indonesia, kemarin.

Karena itu, Riska tidak berani tidak makan nasi. Ia memulai dietnya dengan mengurangi porsi nasinya dan memperbanyak asupan lauk dan sayur.

"Pagi makan roti gandum, siang makan nasi lengkap, dan malamnya saya makan sayur bening dan tempe atau tahu goreng. kadang-kadang ia cukup makan mi ayam saja saat sore dan memperbanyak air putih ketika malam. Dua minggu bisa turun satu kilogram dan tidak ada keluhan lambung," ucap Riska.

Ia tak menyangka, akhirnya bisa juga menurunkan berat badannya tanpa ada gangguan serius pada lambungnya. "Saya rasa karena saya coba menyugesti diri saya bahwa makan kenyang itu tak perlu harus nasi," pungkasnya.

National Trainer dan Hypnoterapist Irwan Sujarwo menyatakan menyugesti diri sendiri sangat membantu seseorang dalam berdiet. Itu biasa dilakukan lewat program diet hipnoterapi, yaitu metode hipnosis yang diterapkan dalam program diet.

Dengan niat yang besar, imbuhnya, orang yang menerapkan diet hipnoterapi akan memiliki komitmen besar untuk melakukan diet. Dengan demikian, kesuksesan diet akan dua kali lebih besar.

"Diet kan perilaku. Sebenarnya bukan untuk berubah, tapi membantu perilaku untuk berubah. Alam bawah sadar pengaruhnya sangat besar sekali. Kebiasaan makan itu dari alam bawah sadar. Jadi hipnoterapi ini hal positif yang bisa tersimpan lebih lama dan mudah muncul dalam bentuk perilaku," kata dia di Jakarta, Sabtu (1/10).

Menurutnya, hipnoterapi dapat membatu menurunkan gelombang otak untuk mempermudah membuka faktor kritis dari otak. Dengan demikian, hal-hal positif jadi lebih mudah diterima. Orang jadi lebih mudah menerima sugesti untuk menghindari makanan yang membuat badan gemuk dan secara konsisten melakukan hal itu. "Misalnya, ada orang suka sekali dengan gorengan. Dengan diubah persepsinya, makan jeruk bisa seperti makan ayam goreng. Kita bisa menemukan jalan yang mereka inginkan."

Selain dengan bantuan hipnoterapis, diet ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah. "Pertama, tentukan dulu goals-nya. Lalu, tentukan sugesti apa yang kita mau tanam. Ketiga, kalau kita mau praktikkan sebelum tidur kita rekam dulu, pas mau tidur dengarkan hal-hal yang bisa menyugesti kita untuk konsisten melakukan itu," tandasnya. (Ata/H-2)

BERITA TERKAIT