05 November 2019, 22:25 WIB

Edy Minta Warga tidak Lagi Buang Bangkai Babi ke Sungai


Yoseph Pencawan | Nusantara

Dok. MI
 Dok. MI
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

KEHEBOHAN yang terjadi di Medan terhadap adanya temuan sejumlah bangkai babi yang hanyut di sungai yang melintasi kota itu mendapat perhatian Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

Edy mengatakan, sebenarnya bangkai babi yang hanyut di sungai sudah dia temukan pada beberapa kesempatan. Dengan kata lain, itu bukan pertama kalinya terjadi di Medan.

"Bukan baru satu kali ini bangkai babi itu lewat. Saat saya masuk ke sungai Babura, itu juga sudah ada bangkai babi lewat," ujarnya di Medan, Selasa (5/10).

Bukan itu saja. Saat mendatangi sungai yang melintasi daerah pinggiran Medan, seperti Delitua, Edy pun pernah melihatnya langsung. Termasuk bangkai beberapa jenis hewan seperti ayam, bahkan kambing.

Ia yakin bangkai tersebut hanyut di sungai karena sengaja dibuang dengan berbagai alasan, termasuk bangkai babi. Apakah karena terkena penyakit atau alasan lainnya.


Baca juga: Ekonomi Melambat, Gubernur akan Gantikan Peran Sawit dan Karet


Tindakan tersebut sangat disesalkannya dan bukan tindakan yang terpuji karena akan ikut mencemari sungai. Terlebih saat ini ia sedang menggalakkan upaya pembersihan sungai dan daerah aliran sungai (DAS).

"Ini yang kita imbau, jangan pernah ada lagi masyarakat yang membuang sampah ke sungai, apalagi bangkai hewan," tegasnya.

Bila ini masih terus berlanjut, tidak tertutup kemungkinan ia akan mengeluarkan kebijakan khusus untuk menindak mereka yang kedapatan membuang sampah ke sungai, termasuk bangkai hewan.

Dua hari ini warga Medan dihebohkan dengan penemuan sejumlah bangkai babi. Informasi yang dihimpun di lapangan, bangkai babi setidaknya ditemukan di empat lokasi. Yakni Sungai Babura, Sungai Bederah, obyek wisata Danau Siombak dan TPA Terjun. Sejumlah warga yang bermukim di Sungai Bederah bahkan mengaku sudah melihat ratusan bangkai babi hanyut di sungai tersebut.

Camat Medan, Marelan M Yunus, membenarkan hal itu. Pihaknya pun memantau ada ratusan bangkai babi hanyut di Sungai Bederah. Dia sudah membentuk tim untuk mengintai siapa pelakunya dan dan akan segera melaporkannya ke polisi bagi pelaku yang kedapatan. (OL-1)

 

 

BERITA TERKAIT