01 November 2019, 13:05 WIB

Startup Rangkul Warung dan Toko Kelontong Kembangkan Usaha


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Jajaran Tokopedia dan mitranya yang terdiri dari pemilik warung dan toko kelontong. 

KINI tercatat beberapa perusahaan rintisan atau startup yang termasuk ke dalam kategori Unicorn. Salah satu startup Unicorn yang berbasis di Jakarta, Indonesia adalah Tokopedia yang juga situs e-commerce menempati urutan teratas dikunjungi.

Salah satu andalan dari Tokopedia adalah aplikasi Mitra Tokopedia yang telah menginjak usia satu tahun. Dengan aplikasi tersebut, sebagai sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi super ecosystem, Tokopedia  terus mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, hingga ke pelosok negeri.

Sejak dihadirkan pada November 2018, aplikasi Mitra Tokopedia kini telah diunduh hampir dua juta pengguna Android. Aplikasi itu telah terus mempermudah masyarakat Indonesia mengembangkan usahanya, terutama para pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya.

Aplikasi Mitra Tokopedia juga turut membantu menjembatani masyarakat Indonesia untuk menikmati pengalaman berbelanja online-to-offline (O2O).

AVP of New Retail Tokopedia, Adi Putra, mengatakan, “Dalam kurun waktu satu tahun, aplikasi Mitra Tokopedia telah berevolusi menjadi sebuah ekosistem, yang mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, untuk mengembangkan bisnis.”

 “Di tahun pertama, Mitra Tokopedia mencatatkan pertumbuhan pada beberapa aspek, antara lain jumlah pengguna dan luas jangkauan. Tercatat hingga Oktober 2019, lebih dari 20 juta masyarakat Indonesia telah dilayani oleh mitra lewat aplikasi Mitra Tokopedia. Jumlah mitra aktif juga telah mencapai sekitar 350 ribu,” tambah Adi di Jakarta, Jumat (1/11).

Aplikasi Mitra Tokopedia mempermudah pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya untuk berjualan berbagai macam produk digital, seperti pulsa, tagihan air, voucher game dan lain-lain, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir.

Dengan kemudahan tersebut, pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Alternatif produk yang dijual pun bisa semakin banyak. “Lewat Mitra Tokopedia, kami berharap warung-warung di Indonesia bisa menjadi ‘warung super’,” terang Adi.

Terdapat juga tim khusus, yakni Sobat Mitra, yang bertugas memberikan edukasi mengenai aplikasi Mitra Tokopedia sekaligus membantu para mitra secara langsung untuk mengembangkan bisnisnya.

Sobat Mitra rutin mengadakan pertemuan dengan mitra di masing-masing wilayah lewat platform paguyuban sebagai sarana berbagi informasi untuk mengembangkan usaha. Saat ini, terdapat ratusan Sobat Mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebagai bentuk komitmen Mitra Tokopedia di satu tahun pertama untuk memajukan ekosistem warung di Indonesia, Mitra Tokopedia menginisiasi ‘Gerakan Warung Nasional’ berkolaborasi dengan sederet pelaku ekosistem.

Pada 2019, Gerakan Warung Nasional akan dirayakan pada 14-15 Desember 2019 di Jakarta sebagai momen apresiasi dan bertujuan menginspirasi masyarakat untuk berkolaborasi mengembangkan ekosistem warung Indonesia. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT