05 November 2019, 19:51 WIB

Sambut Rencana KUKM, Bukalapak Siap Salurkan KUR Ke UKM


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Permana
 MI/Permana
Chief Strategy Officer Bukalapak Teddy Oetomo

RENCANA Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) Teten Masduki untuk merangkul platform digital seperti Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mendapat sambutan positif.

Chief Strategy Officer Bukalapak Teddy Oetomo mengaku siap membantu pemerintah dalam menyalurkan pendanaan. Pasalnya, selama ini, Bukalapak juga telah melakukan kegiatan serupa namun di luar program KUR.

"Kami sudah berpartner dengan Mandiri dan beberapa perusahaan fintech. Itu kami salurkan kepada pelapak sebagai program pembiayaan. Itu sudah jalan," ujar Teddy kepada Media Indonesia, Selasa (5/11).

Baca juga : Menteri KUKM Teten Jalankan Lima Program untuk Dorong UMKM

Terkait mitra-mitra yang dibantu permodalan, ia mengatakan mereka dipilih melalui sistem dengan mengedepankan analisa big data.

"Kami menggunakan machine learning data. Ada banyak pelaku usaha yang sudah kami bantu akses permodalan," tuturnya.

Ia mengatakan, saat ini, Bukalapak memiliki 2,5 juta mitra usaha yang tersebar di seluruh Indonesia yang sebagian besar dari mereka adalah pelaku UKM.

Sebelumnya, Teten menyebut, rencana merangkul platform digital itu karena mereka punya jutaan mitar UKM, basis data, dan mampu melakukan identifikasi peaku usaha potensial dan layak dibantu mengakses permodalan. (OL-7)

BERITA TERKAIT