05 November 2019, 19:30 WIB

Allegri, Mourinho, atau Wenger yang pantas Menukangi Muenchen?


Adiyanto | Sepak Bola

AFP/Paul Ellis
 AFP/Paul Ellis
Jose Mourinho (kiri) dan Arsene Wenger disebut-sebut masuk daftar kandidat pelatih Bayern Muenchen

BAYERN Muenchen baru saja memecat pelatih mereka Niko Kovac. Lantas siapa yang pantas menjadi pengganti pelatih berdarah Jerman-Kroasia tersebut?

Sebelumnya sempat beredar kabar Muenchen mengincar Erik Ten Hag. Namun, arsitek Ajax Amsterdam itu menegaskan bakal menghabiskan sisa kontraknya di klub tersebut hingga akhir musim.

Kendati belum ada konfirmasi resmi, beberapa media Jerman menyebut Massimiliano Allegri, Jose Mourinho, dan Arsene Wenger juga masuk dalam daftar buruan. Tiga nama ini punya reputasi menukangi klub-klub besar. Allegri, misalnya, pernah menangani Juventus. Begitu pun Wenger yang lama menukangi Arsenal. Sedangkan Mourinho, malang melintang dengan klub ternama Eropa, seperti Real Madrid, Chelsea, Manchester United, hingga Inter Milan.

Namun, Presiden Muenchen Ulli Hoeness menyatakan setidaknya butuh waktu tiga pekan untuk mencari suksesor Kovac. Untuk sementara, tim berjuluk FC Hollywood itu akan ditangani asisten Kovac, Hansi Flick.

"Kami harus berpikir santai. Tapi, saya pikir problem ini sudah bisa teratasi ketika kami menghadapi Dusseldorf pada 23 November mendatang,'' tegas Hoeness seperti dikutip AFP, Selasa (5/11).

Kovac yang telah 16 bulan menukangi Muenchen dipecat setelah timnya kalah telak 1-5 dari Eintrach Frankfurt. Dua laga sebelumnya, Robert Lewandowski dan kawan-kawan juga hanya mampu bermain imbang. Saat ini, Muenchen menempati peringkat keempat klasemen Bundesliga di bawah Moenchengladbach, Dortmund, dan Leipzig.

Flick, yang merupakan asisten Joachim Loew saat Jerman memenangi Piala Dunia 2014, bakal mendapat tugas pertamanya sebagai pelatih interim saat Muenchen menjamu Olympiakos di Liga Champions, Kamis (7/11). Dua hari berselang, tugas berat juga menantinya pada laga krusial kontra Dortmund di Bundesliga. (A-2)

BERITA TERKAIT