05 November 2019, 17:38 WIB

Stok Beras di Sumsel Cukup 10 Bulan Kedepan


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Kadis Perdagangan Sumsel Iwan Gunawan dan Pinwil Bulog Sumsel Babel Ali Ahmad Najih Amsari (kiri)  memaparkan kondisi stok beras 


PERSEDIAAN beras di Sumatra Selatan (Sumsel) diperkirakan cukup aman untuk 10 bulan kedepan dengan stok 50 ribu ton di gudang bulog.

Menurut Pimpinan Wilayah Bulog Sumsel-Babel, Ali Ahmad Najih Amsari mengungkapkan, pihaknya masih terus membeli dari petani. Sampai saat ini pengadaan beras dari petani mencapai 49 ribu ton atau baru mencapai sekitar 69 persen saja. Meski cuaca belum bersahabat untuk masa tanam, namun di sejumlah wilayah Sumsel masih panen.

"Memang belum capai target (pengadaan) tapi kami yakin bisa mencapainya. Masih tersisa dua bulan lagi, pengadaan akan kami maksimalkan," ujarnya, sembari menyebutkan, tetap optimistis bisa memenuhi target pengadaan yang ditetapkan 70 ribu ton beras tahun ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Iwan Gunawan mengatakan, pemerintah memastikan stok kebutuhan pokok di Sumsel tersedia. Juga harga tidak melonjak naik apalagi saat momen-momen hari raya dan hari besar.

"Untuk stok beras, sudah kita koordinasikan hasilnya aman. Stok tersedia, masyarakat tidak usah khawatir. Juga soal harga. Dari pantauan tim kita di lapangan, harga beras di pasaran masih dibawah HET," tandasnya. (OL-11)

 

 

BERITA TERKAIT