05 November 2019, 16:30 WIB

Timnas U-19 Indonesia Siap Tempur Hadapi Timor Leste


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
 ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Timnas U-19 berlatih di Stadion Pakansari, Bogor

TIMNAS U-19 Indonesia akan mengarungi laga pertama babak kualifikasi Grup K Piala Asia U-19 2020 dengan melawan Timor Leste di Stadion Madya, Rabu (6/11). Indonesia tergabung di Grup K bersama Timnas Hong Kong, Korea Utara dan Timor Leste.

Seluruh pertandingan di Grup K akan digelar di Stadion Madya dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Khusus Stadion GBK hanya akan digunakan saat berlaga melawan Korea Utara, Minggu (10/11).

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Fakhri Husaini, mengaku timnya yang berjumlah 22 pemain sudah sangat siap bertarung di kandang sendiri dan lolos ke Piala Asia 2020. Namun, salah satu bek andalannya, Muhammad Fadhil Adithya, harus urung tampil lantaran cedera dan digantikan Fadilah Nur Rahman dari PPLP Ragunan.

“Skuat kami sudah siap tempur dan mereka termotivasi serta antusias sejak kembali dari AFF empat minggu silam. Saya rasa mereka akan memberikan yang terbaik,” tutur Fakhri saat jumpa pers di Hotel Century, Jakarta, Selasa (5/11).

Terkait pernyataan jika Serdy Hepyfano dkk semakin sering diliput oleh media, maka negara-negara lain mengetahui kekuatan timnya, dibantah oleh Fakhri. Ia merasa seluruh tim sama-sama mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tim lawan.

“Saya yakin semua sama seperti kami. Semua mencari informasi tentang kekuatan lawan. Seperti Timnas U-19 Korea Utara sampai saat ini belum kami dapatkan video dan rekaman pertandingan mereka,” tutur pelatih berusia 54 tahun itu.

“Modal kami adalah laga mereka di U-16. Apapun itu kami akan bermain dengan kekuatan kami. Bermain dengan cara kami,” tambahnya.

Baca juga: Obati Kekecewan Fans, Timnas U-19 Bekuk Tiongkok

Sementara di kubu lawan, asisten pelatih Timor Leste Eduardo Pereira mengaku timnya akan mencoba bermain lebih bertahan saat melawan Indonesia.

“Saya akan fokus ke pertahanan, karena kami tidak mau kecolongan dari Indonesia. Kami juga akan memanfaatkan serangan balik, karena kami juga punya lini serang cukup cepat yang bisa diandalkan,” tutur Pereira.

Pereira rencananya akan mengandalkan pemain yang berposisi gelandang berusia 15 tahun, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas. Padahal, pemain tersebut sempat bermasalah karena pencurian umur, namun dugaan itu tak terbukti dan Freitas bisa main di kualifikasi Piala Asia U-19.

“Freitas sempat kena cedera engkel (ankle) ya, jadi ia istirahat selama dua minggu, tapi kondisi sekarang udah baik untuk bisa turun, jadi ada bahan buat ia main starter,” tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT