05 November 2019, 16:05 WIB

Nama Greta Thunberg Disematkan untuk Kumbang Asal Kenya


Bintang Krisanti | Weekend

AFP
 AFP
Setelah 50 tahun tidak bernama, kumbang asal Kenya ini memiliki nama lengkap Nelloptodes gretae.

PENGHORMATAN untuk Greta Thunberg terus diberikan oleh berbagai pihak. Terbaru, para ahli di Natural History Museum di London, Inggris memilih nama remaja aktivis lingkungan dunia itu untuk disematkan pada kumbang asal Kenya.

Serangga dari famili Ptiliidae tersebut belum memiliki nama spesies sejak ditemukan 50 tahun lalu. Kini nama lengkapnya menjadi Nelloptodes gretae.

"Saya memilih nama ini (Greta Thunberg) karena saya sangat terkesan dengan kerja dari aktivis muda itu, dan saya ingin memberi penghormatan pada kontribusinya (Greta) yang luar biasa dalam meningkatkan perhatian orang terhadap isu lingkungan ," tutur Dr. Michael Darby, ilmuwan di museum tersebut seperti dilansir Daily Mail, baru-baru ini.

Selain untuk menghormati gerakan Greta, keunikan fisik kumbang itupun dinilai memiliki kesamaan ciri khas dengan remaja 16 tahun asal Stockholm, Swedia tersebut. Antena panjang Nelloptodes gretae memiliki bentuk bulatan-bulatan yang mengingatkan dengan rambut kepan dua Greta.

Darby menemukan serangga tersebut dalam koleksi berisi jutaan spesimen binatang milik museum tersebut. Serangga dengan panjang tubuh 1 milimeter itu sendiri di alam ditemukan oleh ilmuwan Inggris, DR. William Block di Nairobi, Kenya, pada 1965 dan didonasikan untuk koleksi museum pada 1978.

Penamaan serangga tersebut disambut baik oleh kurator senior Natural History Museum bidang Coleoptera, Dr. Max Barclay. "Nama kumbang itu sangat tepat dan memang perlu, sebab seringkali spesies telah punah sebelum ilmuwan sempat menamakan mereka. Jadi sangat tepat menamakannya dari sosok orang yang telah bekerja sangat keras untuk membela lingkungan hidup," tuturnya.

 

BERITA TERKAIT