05 November 2019, 15:54 WIB

Meski Turun, Optimisme Konsumen Tetap Terjaga


Ihfa Firdausya | Ekonomi

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Bank Indonesia

BANK Indonesia baru saja merilis survei konsumen bulan Oktober 2019, Selasa (5/11). Hasilnya, Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2019 mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga, meskipun melemah.

"Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2019 yang tetap berada dalam zona optimis (di atas 100) yakni sebesar 118,4, meskipun lebih rendah dibandingkan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 121,8," seperti dikutip dalam keterangan resmi.

Optimisme konsumen tersebut ditopang oleh persepsi yang tetap positif terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ke depan. Hal itu tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang berada dalam zona positif, meskipun mengalami pelemahan.

Menurut keterangan Bank Indonesia, kondisi Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang menurun terutama disebabkan oleh indeks penghasilan dan indeks ketersediaan lapangan kerja yang lebih rendah. Selain itu, penurunan IEK juga disebabkan oleh penurunan indeks ekspektasi kegiatan usaha pada 6 bulan mendatang.

Baca juga: Alami Pelemahan, BI Sebut Optimisme Konsumen masih Positif

Di sisi lain, hasil survei BI juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga yang sedikit meningkat pada 3 hingga 6 bulan mendatang (Januari dan April 2020). Hal ini dikarenakan Indeks Ekspektasi Harga 3 hingga 6 bulan mendatang yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

"Tekanan kenaikan harga 3 bulan mendatang dipengaruhi oleh perkiraan permintaan barang dan jasa yang meningkat pada awal tahun 2020," menurut keterangan resmi.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga 6 bulan mendatang diperkirakan bakal dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan terhadap barang dan jasa menjelang bulan puasa pada akhir April 2020. (OL-4)

BERITA TERKAIT