05 November 2019, 15:25 WIB

Chris John Gelar Boxing Championship 2019


Despian Nurhidayat | Olahraga

ANTARA FOTO/Aji Styawan
 ANTARA FOTO/Aji Styawan
Mantan petinju Indonesia, Chris John (kiri), menerima penghargaan The Legend Award dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia 

GUNA memajukan sektor tinju di Indonesia, sang legenda tinju Chris John mengadakan turnamen bertajuk Boxing Championship yang akan diselenggarakan pada 10 November mendatang. Diawali dengan impian dan gagasan dari pria yang dijuluki The Dragon ini untuk kembali membawa kejayaan tinju Indonesia melalui para petinju muda.

Selain itu, kejuaraan yang akan mempertandingkan 6 partai ini akan berlangsung di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat. Dalam partai ini, hanya akan dipertandingkan 3 partai off air dan 3 partai on air, pun hanya mempertandingakan 4 ronde.

"Tentunya saya senang sekali sudah lama mengadakan event dan hari ini bisa mengadakan lagi berkat bantuan dari Metro TV untuk membuat event ini di televisi. Event tinju yang bisa diliput oleh tv bisa menyemarakkan dan membangkitkan tinju di Indonesia. Bisa juga menghadirkan juara baru karena Indonesia memiliki kans untuk menghadirkan juara dunia," ungkap Chris John dalam acara konferensi pers Boxing Championship, The Iron Samurai Coffee, Ketapang Indah, Jakarta Barat, Selasa (5/11).

Lebih lanjut, Chris John menginginkan hadirnya juara dunia baru di Indonesia yang salah satunya datang dari kejuaraan ini. Harapannya, para petinju yang akan bertanding nanti bisa menunjukkan performa maksimal.

"Kita punya 8 juara dunia dari Indonesia dan saya yakin kita bisa punya juara baru di dunia tinju. Makanya saya ingin sekali mengadakan event tinju profesional, salah satunya untuk membantu para petinju agar mempunyai wadah. Untuk para petinju tampilkan yang terbaik dan masyarakat bisa menyaksikan bahwa kalian calon juara baru di Indonesia," lanjutnya.

Baca juga: Chris John: Iklim Pertinjuan Indonesia Sudah Mati Suri

Rencananya, kejuaraan akan berlangsung setiap bulan ini akan dimulai dengan pertandingan 3 partai off air yang menampilkan kelas terbang junior 49,1 kg antara Stevanus Nana kontra Villy Rawung Pantouw. Selanjutnya, pertandingan kelas bantam junior 52,2 kg yakni Mochad Sholimin kontra Mektison Marganti dan Sulis Barrera berhadapan dengan Adam Wijaya.

Untuk pertandingan on air yang akan disiarkan mulai pukul 22.00 WIB, akan mempertandingkan 3 partai yakni kelas ringan junior 58,9 kg antara Jason Butar Butar kontra Selsius Rumlus. Dua pertandingan lainnya yakni kelas ringan 61,2 kg antara Reynold Kundimang kontra Karso Marine dan kelas bantam 53,5 kg yaitu Patrick Liukhoto berhadapan dengan Luid Lumoly.

Para petinju yang berhasil memenangkan pertandingan nantinya akan mendapatkan medali dan apresiasi berupa uang pembinaan. Selain itu, kabarnya pihak penyelenggara sudah mrndaftarkan kejuaraan ini pada Boxrec.

Sementara itu, Ketua Umum KTI (Komisi Tinju Indonesia) John Welly mengapresiasi hadirnya kejuaraan yang digagas oleh mantan juara dunia tersebut. Dia percaya dunia pertinjuan di Indonesia akan maju berkat kejuaraan ini.

"Kami mengapresiasi diadakannya kejuaraan seperti ini. Mudah-mudahan kedepannya dunia pertinjuan di Indonesia lebih maju di tangan bapak Chris John. Ini merupakan kebanggaan buat KTI dan harapan besar bagi kami agar tinju di Indonesia semakin berkembang," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT