05 November 2019, 11:43 WIB

Menristek Dorong Para Petani Ubah Mindset


Hilda Julaika | Ekonomi

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro

MENTERI Riset dan Teknologi (Ristek) Bambang Brodjonegoro, mengutarakan pandangannya agar petani Indonesia merubah pola pikir terkait petani.

Ia mengatakan yang dimaksud dengan petani itu adalah pengusaha di bidang pertanian. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dikotomi antara pengusaha dan petani. Dikotomi ini telah membuat petani seolah tidak bisa melakukan usaha.

"Solusinya adalah kita harus angkat petani untuk bisa melakukan usaha. Petani harus merubah mindset-nya untuk tidak hanya sebagai bekerja di lapangan. Tapi dia adalah perusahaan di bidang pertanian," jelasnya saat membuka acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kadin Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski, Selasa (5/11).

Bambang membenarkan jika perusahaan skalanya beragam mulai dari mikro, kecil, menengah, dan besar. Anggota Kadin sendiri adalah perusahaan-perusahaan yang besar.

Namun, Kadin yang di daerah bisa melakukan kerja sama dengan petani di daerah dalam hal lahan misalnya. Pelibatan ini dilakukan agar menstimulus petani daerah dalam berusaha. Sehingga manfaatnya pun bisa dirasakan bersama.

"Saya juga menemukan bahwa kesejahteraan petani bisa meningkat dengan cepat. Jika menjalin mitra antara petani yang skala kecil dengan pengusaha pertanian yang besar," ungkapnya. (OL-09)

BERITA TERKAIT