05 November 2019, 10:49 WIB

Tol Manado-Bitung Beroperasi April 2020


Andhika Prasetyo | Ekonomi

Dok. Kementerian PU-Pera
 Dok. Kementerian PU-Pera
Tol Manado-Bitung

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menargetkan Tol Manado-Bitung (Mabit) sepanjang 39,9 kilometer dapat beroperasi penuh pada April 2020.

Tol perdana di Sulawesi Utara itu terdiri dari dua seksi yakni Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km dan Seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 km.

Proses pengerjaan Seksi 1 terdiri dari 1A dan 1B sudah sepenuhnya selesai. Adapun, progres Seksi 2A sudah mencapai 89,4% dan Seksi 2B sudah 31,2%.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono mengungkapkan Tol Mabit merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) yang dibangun untuk mengurangi biaya logistik di kawasan Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Sebagaimana diketahui, banyak komoditas ekspor yang dihasilkan di wilayah tersebut dan harus dikirim melalui jalur darat menuju Pelabuhan Internasional Bitung.

"Kalau sudah beroperasi, Tol Mabit akan memangkas waktu tempuh dari semula 120 menit menjadi hanya 30 menit. Dengan waktu yang lebih cepat, kegiatan ekonomi akan lebih efektif dan efisien," ujar Basuki melalui keteranga resmi, Selasa (5/11).

Baca juga: Tol Manado-Bitung Dongkrak Pariwisata Sulut

Pembangunan Tol Mabit Seksi 1 dikerjakan oleh pemerintah dengan dana sebesar Rp3 triliun. Adapun, Seksi 2 dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp6,19 triliun.

Sebagai terusan Tol Mabut, nantinya akan dibangun jembatan dengan panjang sekitar 1 km dengan anggaran tahun jamak sebesar Rp500 miliar. Jembatan itu akan mulai dibangun 2020 mendatang.(OL-5)

BERITA TERKAIT