05 November 2019, 08:15 WIB

BI Edukasi Mahasiswa di Sulawesi Utara


VL/Ant/N-3 | Nusantara

DOK BI
 DOK BI
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng di Festival Edukasi Bank Indonesia (FeskaBI) 2019 di Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara

BANK Indonesia (BI) menggelar Festival Edukasi Bank Indonesia (FeskaBI) 2019 di Universitas Negeri Manado (Unima), Tondano, Sulawesi Utara (Sulut), kemarin, guna meningkatkan pengetahuan mahasiswa setempat.

"Kegiatan tersebut merupakan yang ketiga kalinya setelah acara yang sama diadakan di Solo dan Lampung," kata Deputi Gubernur BI, Sugeng, di Auditorium Unima, kemarin.

Dia menjelaskan, kalangan mahasiswa perlu mengetahui tugas-tugas BI. Salah satu tugas bank sentral itu ialah memelihara kestabilan nilai tukar rupiah. "Bank Indonesia bertugas untuk menjaga inflasi agar tetap rendah dan stabil. Selain itu, Bank Indoneisa juga bertugas menjaga nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing," terang Sugeng.

Dia melanjutkan, BI harus menjaga agar pergerakan inflasi berada di rentang yang rendah. Jangan sampai inflasi di Tanah Air meroket seperti yang terjadi di Venezuela, yakni naik sampai 2 juta persen.

"Kalau rupiah bergejolak, investasi sulit masuk ke negara kita," papar Sugeng. Di kesempatan sama, Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan, mengungkapkan alasan Sulut terpilih dalam kegiatan itu karena pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut cukup baik, yaitu di atas pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya kagum dengan minat peserta yang meregistrasi untuk ikut kegiatan ini," tambahnya. Sebagai informasi, jumlah peserta yang teregistrasi pada acara FeskaBI tersebut ialah lebih dari 3.400 peserta.

Sementara itu, Gubernur Sulut yang diwakili Asisten II Setdaprov Sulut, Rudy Mokoginta, menuturkan kegiatan itu sangat strategis dan berperan meningkatkan ekonomi daerah.

"Instrumen nontunai saat ini berkembang pesat dan layanan transaksinya aman. Platform pembayaran digital sangat diminati masyarakat," ungkap Rudy.

Pada kesempatan itu, Rektor Unima, Julyeta Runtuwene, mengapresiasi kepercayaan dari BI. Dia berharap agar mahasiswa Unima dapat mengetahui peran BI untuk Indonesia. (VL/Ant/N-3)

BERITA TERKAIT