04 November 2019, 23:17 WIB

Ketua MPR Ingin Dengar Langsung Pendapat Masyarakat soal GBHN


Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum

MI/Adi Maulana Ibrahim
 MI/Adi Maulana Ibrahim
Ketua MPR Bambang Soesatyo

KETUA Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Bambang Soesatyo mengapresiasi seminar nasional yang digelar IPB University terkait Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Seminar nasional pertama kali yang dihadiri Bambang Soesatyo setelah dilantik sebagai Ketua MPR ini, menurutnya sebagai forum dengar pendapat langsung dari masyarakat dan dunia akademis.

“Saya menyambut baik apa yang dilakukan IPB, karena ini bagi kami di MPR untuk mendengar langsung suara masyarakat, termasuk juga dari kampus,” kata Bambang Senin (4/11).

Bambang menjelaskan, terkait polemik menghadirkan kembali GBHN dalam sistem pemerintahan, memang menjadi pro kontra di tengah masyarakat. Bahkan, dalam Forum Rektor juga sudah mendorong adanya amandemen untuk menghadirkan kembali GBHN.

Baca juga : Amendemen UUD hanya Terbatas GBHN

Namun, hal tersebut menurutnya perlu dukungan dari masyarakat.

“Kami akan melakukan penyerapan aspirasi seluas-luasnya kepada publik, kepada rakyat baik yang di kampus maupun luar kampus agar nanti terjadi pengkerucutan apakah perlu amandemen atau tidak,” jelasnya

Bambang berharap seminar nasional bertajuk “Polemik Menghadirkan Kembali GBHN” ini, menjadi sebuah forum akademis untuk mengkaji lebih dalam polemik GBHN.

Selain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, IPB University juga menghadirkan beberapa panelis. Peneliti senior LIPI Siti Zuhro, Direktur Akbar Tandjung Institute Alfan Alfian serta Anggota DPR RI Ichsan Firdaus. (OL-7)

BERITA TERKAIT