05 November 2019, 03:40 WIB

Inpres Sepak Bola, Menpora Tunggu Peta Jalan PSSI


MI | Sepak Bola

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) segera menyelesaikan peta jalan (road map) untuk penerapan Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo.

Hal itu diungkapkan Menpora saat menerima jajaran PSSI yang dipimpin langsung Ketua Umum PSSI 2019-2023 Mochamad Iriawan, yang akrab disapa Iwan Bule, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, kemarin. Zainudin Amali mengatakan di samping pekerjaan rutin PSSI dalam hal tim nasional dan kompetisi, PSSI juga harus memikirkan secepat mungkin soal rencana aksi inpres tersebut.

Zainudin mengatakan pihaknya membuka pintu lebar-lebar bagi PSSI untuk menjalin komunikasi agar mempercepat peta jalan inpres tersebut. "Perintah dari inpres segera kita menyelesaikan pembuatan road map sepak bola kita. Ini hal yang dalam waktu dekat segera dilaksanakan," kata Zainudin.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menerbitkan Inpres Nomor 3 Tahun 2019, meng-instruksikan 12 kementerian, Kapolri, dan kepala daerah untuk bersama-sama membangun persepakbolaan nasional.

Iwan Bule mengamini harapan Menpora. "Besok (hari ini) kami akan rapat dengan exco (komite eksekutif), salah satunya membahas soal road map Inpres Nomor 3 Tahun 2019," ungkap Iwan, jenderal polisi berbintang tiga yang juga menjabat Sekretaris Lemhannas.

Iwan mengatakan pihaknya akan mengebut pembentukan peta jalan atau rencana aksi dan merealisasikannya untuk kepentingan sepak bola nasional. Meski demikian, ia belum memastikan kapan peta jalan itu selesai dibahas.

Di bagian lain, Iwan Bule mengungkapkan keinginan agar PSSI memiliki kantor sendiri sebagai federasi sepak bola. Menpora menyatakan, untuk saat ini bisa menggunakan Kantor Kemenpora jika menggelar rapat.

Terkait dengan timnas, Iwan Bule menyatakan segera memutuskan nasib pelatih timnas senior, Simon McMenemy. Namun, Iwan memberi sinyal pelatih asal Skotlandia itu kemungkinan bertahan. Selain itu ada dua nama yang diungkapkan Iwan pantas menukangi timnas, yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong. (Faj/R-2)

BERITA TERKAIT