05 November 2019, 03:20 WIB

Ismael Setop Tren Positif Ewart


MI | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Pebalap Grospe Ismael.Jr dari Tim Go For Gold Philippines (kedua kiri)

PEMBALAP Filipina Grospe Ismael Jr berhasil menjuarai etape ketiga Tour de Singkarak (TdS) 2019, kemarin. Hasil tersebut menghentikan tren positif Jesse Ewart, pembalap Australia dari Team Sapura Cycling, yang mampu finis paling awal secara berturut-turut di dua etape sebelumnya.

Ismael menjadi yang pertama menyelesaikan etape ketiga dengan catatan waktu 3 jam 16 menit 14 detik atau lebih cepat 42 detik daripada Ewart. Adapun yang finis di urutan kedua dan ketiga ialah pembalap Indonesia Suryadi Bambang dan Kurniawan dari Banyuwangi Road Cycling Community.

Meski gagal mempertahankan performanya, Ewart masih berhak mengenakan kostum kuning karena belum tergusur dari puncak klasemen. Dia juga tetap konsisten mempertahankan gelar juara di kategori sprinter terbaik dan tetap berhak mengenakan kostum hijau.

Sementara itu, seusai balapan di etape ketiga dengan panjang lintasan 129,9 km, Suryadi berhasil menggeser posisi Firdaus Ahmad Yoga Ilham yang merupakan rekan setimnya dan mengunci gelar juara untuk kategori pembalap terbaik Indonesia. Firdaus sempat jadi yang terbaik saat dia selesaikan etape kedua.

Etape ketiga sendiri memiliki medan lintasan yang cukup berat. Treknya dimulai dari Kabupaten Limapuluh Kota hingga Kota Padang dan didominasi pendakian serta tikungan yang cukup tajam. Walau sangat menantang, seluruh peserta TdS mendapatkan bonus untuk sejenak menyegarkan mata tanpa mengurangi konsentrasi saat balapan karena disuguhkan spot destinasi wisata unggulan Sumatra Barat. Geopark Lembah Harau, Jembatan Kelok Sembilan, dan Mifan, jadi beberapa dari sekian banyak spot destinasi alam yang dilewati para pembalap. (YH/R-3)

BERITA TERKAIT