04 November 2019, 20:42 WIB

Iwan Bule Bakal Bina Suporter Lewat Divisi Khusus


Rahmatul fajri | Sepak Bola

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Ketua Umum PSSi Mochamad Iriawan atau Iwan Bule

KETUA Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indoensia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengaku risau dengan insiden kerusuhan suporter yang terus menjangkiti sepak bola Indonesia.

Untuk mengatasi masalah suporter itu, Iwan mengaku pihaknya akan membentuk Direktorat Pembinaan Suporter sebagai langkah mengakomodir dan membina suporter klub.

Ia menegaskan selama ini suporter luntang-lantung karena pemerintah daerah dan klub seperti lepas tangan dan tidak membina para suporter.

"Sampai sekarang, suporter belum ada yang mengakomodir. Makanya, nanti akan ada divisi yaitu direktorat pembinaan suporter dan fan," ujar Iwan, ketika ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (4/11)

Baca juga : PSSI Isyaratkan Pertahankan Simon McMenemy

Kerusuhan yang melibatkan suporter klub di Indonesia terjadi pekan lalu saat Persebaya kalah dari PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tono, Surabaya, jawa Timur. Usai pertandingan, Bonek, pendukung Persebaya, mengamuk dan merusak sejumlah fasilitas stadion.

Iwan mengungkapkan pihaknya telah menemui beberapa suporter klub di Indonesia, tetapi selama ini suporter tersebut belum pernah duduk satu atap di luar lapangan sepak bola.

"Kami memang sudah masuk ke beberapa suporter seperti Jakmania (pendukung Persija Jakarta), Viking (Persib Bandung), dan Bonek (Persebaya Surabaya). Namun, selama ini mereka belum pernah dikumpulkan di luar lapangan hijau," jelas Iwan. (OL-7)

BERITA TERKAIT