04 November 2019, 19:40 WIB

Pemprov DKI Ajukan Rp166 Miliar untuk Septic Tank Komunal


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Ist
 Ist
Pemprov DKI Ajukan Rp166 Miliar untuk Septic Tank Komunal

KEPALA Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juani Yusuf mengatakan pihaknya mengajukan anggaran untuk pembangunan septic tank komunal sebesar Rp166 miliar. Hal itu ia sampaikan saat rapat kerja Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020.

"Itu di 30 lokasi kecamatan. Bentuknya kita lihat dari situasi di lapangan, kalau lokasinya enggak ada kita bikin seperti septic tank yang tanki-tanki," ujar Juaini usai rapat kerja di Gedung DPRD DKI, Senin (4/11).

Pembuatan septic tank nantinya memang tergantung lokasi. Jika diketahui ada lokasi yang luas, bisa dibuatkan 50 sampai dengan 100 untuk kepala keluarga.

"Jadi tergantung lokasinya. Nanti kita lihat, 30 lokasi itu kan untuk 30 kecamatan. Satu kecamatan itu kan banyak. Nanti (dilihat) kebutuhan-kebutuhan kita di lapangan, minta data dari walikota," jelas Juaini.

Baca juga: DKI Anggarkan Rp300 Miliar untuk Kompensasi Bantar Gebang

Ia mencontohkan seperti pembangunan septic tank komunal di Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Sebelumnya diketahui warga di sana membuang limbahhya melalui saluran yang terhubung ke kali di daerah itu.

"Ya tentunya warga yang enggak punya (septi tank), kalau disitu enggak ada pengelolaan air limbah yang biasanya buang ke kali, disitu kita buatkan disitu," tandas Juaini. (OL-4)

BERITA TERKAIT