04 November 2019, 19:24 WIB

Kecam Manuver Tiongkok di LCS, AS Wacanakan KTT Khusus


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

AFP/Lilian Suwanrumpha
 AFP/Lilian Suwanrumpha
Penasehat Keamanan AS yang juga utusan khusus Presiden Donald Trump di KTT ASEAN Robert O'Brien

KONFERENSI Tingkat Tinggi (KTT) negara-negarra Asia Tenggara (ASEAN) yang berlangsung di Thailand dijadikan momen pemerintah Amerika Serikat untuk menegur manuver Tiongkok di Laut Cina Selatan (LCS).

Kecaman itu disampaikan oleh utusan khusus AS untuk KTT ASEAN Robert O'Brien yang membacakan surat yang ditulis Presiden Donald Trump. O'Brien secara khusus juga mengundang para pemimpin ASEAN untuk hadir dalam KTT khusus yang digelar AS pada kuartal perdana 2020 nanti.

"Beijing telah menggunakan intimidasi untuk mencoba menghentikan negara-negara ASEAN dari mengeksploitasi sumber daya lepas pantai, menghalangi akses ke 2,5 triliun dolar cadangan minyak dan gas," kata utusan AS Robert O'Brien, Senin (4/11), pada pertemuan puncak ASEAN-AS dalam pidato di Bangkok, Thailand.

LCS menjadi titik sengket antara Beijing dengan sejumlah negara anggota ASEAN. Vietnam yang jadi salah satu pengklaim LCS mengupayakan komunike anggota ASEAN untuk mengecam tindakan Tiongkok. Namun, upaya itu ditentang oleh Kamboja yang jadi sekutu dekat Tiongkok di ASEAN.

Baca juga : Sekjen PBB Apresiasi Peran Indonesia di Dewan Keamanan PBB

Lewat sejumlah perdebatan, sejumlah diplomat senior di kawasan pun sepakat untuk menyatakan keprihatinan  terhadap situasi di LCS yang memicu ketegangan dan stabilitas kawasan. Namun, pernyataan itu tak secara jelas menyebut Tiongkok sebagai aktornya.

Beijing yang diketahui membangun pulau buatan di LCS, menentang keras KTT yang akan digelar AS untuk menegur tindakan pemerintahnya di LCS. Sekutu Tiongkok di ASEAN pun ikut menentangnya.

Beijing balas mengecam patorli angkatan laut dan udara yang dilakukan AS di LCS dan menganggap konsep Indo-Pasifik yang digulirkan Negeri Paman Sam sebagai strategi menahan Tiongkok.

Di sisi lain, absennya Trump di KTT ASEAN menjadi titik lemah diplomasi AS di kawasan, selain isu LCS juga soal perdagangan dengan negara ASEAN.

Meski demikian, Menteri Perdagangan AS Willbur Rose menegaskan pentingnya Asia bagi AS. "kami terus menegosiasikan kesepakatan perdagangan dengan negara-negara di kawasan ini," tandasnya. (CNA/OL-7)

 

BERITA TERKAIT