04 November 2019, 17:51 WIB

Kapolri: Saya Berkomitmen Tuntaskan Kasus Novel Terang-Benderang


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
 ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Kapolri Jenderal Idham Azis (kiri) menjabat tangan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, hari ini.

KAPOLRI Jenderal Idham Azis menegaskan komitmen kepolisian mengusut tuntas kasus penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan. Ia berjanji akan mengungkap kasus tersebut secara terang benderang.

"Saya tetap berkomitmen seperti saya sampaikan sebelumnya di DPR ketika uji kepatutan dan kelayakan. Komitmen saya secepatnya kasus itu diungkap baik kasus Novel dan kasus-kasus (teror) lain kepada unsur KPK," kata Idham usai bertemu Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11).

Idham mengatakan secepatnya akan memilih Kepala Bareskrim yang menangani langsung kasus penyerangan tersebut. Saat ini proses pemilihan tengah melibatkan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang dipimpin Wakapolri.

"Tentu kita akan cari perwira terbaik untuk Kabareskrim yang akan menuntaskan kasus tersebut," ucapnya.

Baca juga: Kasus Novel Baswedan Tunggu Arahan Kabareskrim Baru

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan saat ini sudah ada temuan signifikan tim teknis yang menangani kasus Novel. Meski begitu, ia enggan mengungkapkannya ke publik karena khawatir akan berdampak pada upaya lanjutan pengungkapan kasus tersebut.

"Ada temuan-temuan yang sangat signifikan yang sudah didapat tim teknis. Tim teknis bekerja sangat tertutup. Kalau kita buka ke publik, kita bisa saja kembali ke nol. Tidak akan berapa lama lagi kita mengungkap kasus ini," ujar Iqbal.

Presiden Joko Widodo sebelumnya meminta Kapolri segera menuntaskan pengungkapan kasus penyerangan terhadap Novel. Jokowi memberi tenggat pengungkapan kasus sampai awal Desember memdatang.(OL-4)

BERITA TERKAIT